fbpx
Connect with us

Info Ringan

Mengenal Lima Posisi Tidur yang Baik

Diterbitkan

pada tanggal

Jogja,(pidjar.com)–Di tengah-tengah kesibukan kerja maupun tugas kuliah atau kantor yang menumpuk, menjaga posisi tidur tetap baik merupakan tantangan tersendiri. Padahal, ada beberapa hal yang membuat posisi tidur yang baik harus kita semua perhitungkan. Nah, berikutberbagai jenis posisi tidur terbaik dan manfaatnya!

Posisi Tidur: Telentang

Secara umum, tidur terlentang merupakan posisi tidur terbaik di antara semua posisi tidur yang ada. Tidur terlentang bukan hanya sekedar menjaga postur tubuh, namun juga dapat membuat tidur makin pulas. Selain itu, jam bangun tidur akan lebih teratur apabila posisi tidur kita terlentang.

Peta Sebaran Status COVID-19 di Kabupaten Gunungkidul
*Credits: https://bit.ly/statCovGK (updated)

Posisi Tidur: Fetus Position

Fetus position adalah posisi tidur yang miring ke kiri atau ke kanan dengan tangan menutupi wajah, di mana posisi ini menguntungkan bagi ibu hamil. Dengan miring ke kiri atau ke kanan secara konsisten tiap harinya, janin akan terhindar dari goncangan berlebihan akibat pergerakan yang berlebih. Sebagai akibatnya, posisi tidur miring ini akan membawa manfaat besar bagi pertumbuhan si janin pasca keluar dari perut ibu.

Berita Lainnya  Lustrum ke-11 Ekamas, Bondan Prakoso Pukau Ribuan Penonton

Posisi Tidur: Yearner Position

Sebagaimana fetus position yang dapat miring ke kiri atau ke kanan, posisi tidur yearner ini juga dapat miring ke kiri ataupun ke kanan. Bedanya, posisi tidur ini memiliki bahasa tubuh yang lebih terbuka, sehingga menghindarkan dari sesak nafas yang mungkin terjadi akibat memeluk guling atau bantal terlalu erat. Oleh sebab itu, posisi tidur ini merupakan posisi yang baik.

Posisi Tidur: Dapat Berubah-Ubah Apabila Diperlukan

Banyak yang berkata posisi tidur yang berubah-ubah tiap beberapa detik atau menit tidak baik untuk pertumbuhan tubuh maupun emosional seseorang. Dalam beberapa kasus, memang posisi tidur yang konsisten merupakan posisi tidur yang baik, namun apabila diperlukan posisi tidur justru harus berubah-ubah. Ini juga penting untuk menghindari sakit kepala yang kerap tiba-tiba muncul saat tidur.

Berita Lainnya  Tujuh Manfaat Sekolah TK Bagi Si Kecil

Posisi Tidur: Tengkurap

Posisi tidur satu ini bukan hanya yang terbaik dan dapat Anda pilih, tetapi juga menjadi posisi tidur yang paling enak. Fakta kesehatan mengenai posisi tengkurap yang dapat melancarkan pencernaan ini merupakan salah satu hal yang saya pikir harus Anda ketahui. Karenanya, jangan pernah tidak mau untuk mengambil posisi tengkurap.

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler