fbpx
Connect with us

Info Ringan

Lima Kondisi yang Menimbulkan Ruam Pada Bayi

Diterbitkan

pada tanggal

Jogja,(pidjar.com)–Di Indonesia angka kejadian ruam popok telah mencapai 7-35% yang menimpa bayi laki-laki dan perempuan berusia dibawah tiga tahun. Nah, ada hal penting yang harus Anda ketahui hal-hal apa saja yang menyebabkan kondisi ini. Berikut ini adalah beberapa kondisi yang bisa menimbulkan ruam pada bayi, di antaranya:

Gesekan

Pada banyak kasus, kondisi ini bisa disebabkan oleh gesekan yang terjadi ketika kulit bayi yang sensitif mengalami gesekan dengan popok basah. Hal ini menghasilkan ruam merah mengkilap pada daerah yang terkena.

Iritasi

Kulit di bawah popok akan merah karena iritasi dari tinja, air seni, atau bahan pembersih. Ruam muncul di daerah di mana popok menempel dan biasanya jarang terlihat pada lipatan kulit.

Infeksi Jamur Candida

Ruam popok dari infeksi jamur candida ini biasanya tampak merah terang dan sedikit menonjol serta sering terjadi setelah penggunaan antibiotik yang lama. Candida adalah jamur yang biasanya ditemukan di tempat-tempat lembap dan hangat seperti di mulut dan lipatan tubuh. Jamur candida ini adalah organisme yang sama yang menyebabkan sariawan.

Reaksi Alergi

Ruam yang terjadi kadang mungkin merupakan reaksi alergi terhadap popok, deterjen, sabun, lotion, atau karet di celana.

Seborrhea

Ruam popok yang di sebabkan seborrhea biasanya akan berwarna kuning mengkilap, sedikit berminyak, dan dapat dilihat di daerah lain dari tubuh, seperti wajah, kepala, dan leher.

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler