fbpx
Connect with us

Info Ringan

Tujuh Tips Menyimpan Sepatu Agar Tidak Mudah Rusak

Diterbitkan

pada tanggal

Jogja,(pidjar.com)–Tidak perlu khawatir, dengan teknik penyimpanan yang benar, Anda bisa merawat sepatu dan menghilangkan bau tak sedap di dalamnya. Dengan demikian, sepatu kesayangan Anda bisa dikenakan dalam jangka waktu yang panjang. Nah, berikut ini Kania akan membagikan tips dan trik menyimpan sepatu secara tepat untuk Anda. Penasaran bagaimana caranya? Simak ulasannya sampai habis, ya!

Gunakan Rak Sepatu Terbuka

Apakah setiap hari Anda mengenakan sepatu yang sama? Jika iya, sebaiknya simpan pada rak sepatu yang terbuka. Hal ini karena sepatu yang sering Anda gunakan sangat rawan lembap akibat kotoran dan keringat. Dengan menyimpannya di rak terbuka, sepatu tersebut bisa mengalami pergantian udara lebih optimal dan meminimalisir tumbuhnya jamur yang dapat merusak sepatu serta menghasilkan bau tak sedap. Namun, apabila Anda hanya memiliki rak sepatu yang tertutup, pastikan untuk membiarkan sepatu yang baru saja dipakai di ruang terbuka terlebih dahulu sebelum menyimpannya, ya! Hal ini bertujuan agar sepatu tersebut tetap mendapatkan sirkulasi udara yang baik.

Simpan Sepatu yang Jarang Digunakan dengan Silica Gel

Untuk koleksi sepatu yang jarang Anda gunakan, silakan simpan pada kotak penyimpanan khusus untuk sepatu. Akan tetapi, jangan lupa tambahkan silica gel di dalam kotak sepatu tersebut agar kelembapannya lebih terjaga. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan kotak sepatu transparan atau menambahkan label pada setiap kotak untuk memudahkan saat mencari sepatu yang akan dipakai.

Jangan Simpan Sepatu dalam Keadaan Basah

Kondisi sepatu yang basah sangat mudah mendatangkan jamur dan bau tak sedap. Oleh karena itu, jangan pernah menyimpan sepatu yang masih basah ke dalam kotak atau rak sepatu. Biasakan untuk selalu mengeringkan sepatu terlebih dahulu, seperti menjemurnya di bawah sinar matahari atau meletakkannya di luar ruangan sebelum memasukannya ke dalam tempat penyimpanan sepatu. Hal ini juga merupakan salah satu cara menghilangkan bau sepatu yang cukup efektif.

Jangan Simpan Sepatu dengan Cara Ditumpuk

Tak bisa dimungkiri, banyak orang yang menyimpan sepatu dengan cara ditumpuk supaya lebih hemat tempat. Meskipun cara ini berlaku untuk penyimpanan sandal, tapi menumpuk sepatu bisa membuat perubahan bentuk pada sepatu tersebut. Dengan demikian, Anda jadi merasa tidak nyaman saat mengenakannya. Oleh karena itu, simpanlah sepatu dengan menyusunnya secara rapi dan bersebelahan di tempatnya.

Selalu Bersihkan Bagian Dalam Sepatu

Jika kaki sering mengeluarkan keringat yang mengakibatkan bau tak sedap, usahakanlah untuk selalu membersihkan bagian dalam sepatu setelah mengenakannya. Anda bisa membersihkannya menggunakan alkohol, bedak anti jamur, ataupun tea tree oil yang kerap dipakai sebagai aromaterapi. Jangan lupa, selalu gunakan kaus kaki supaya sepatu terlindungi dari keringat yang dapat menyebarkan bau dan mengikis sol bagian dalam sepatu.

Gunakan Shoe Tree agar Bentuk Sepatu Tetap Terjaga

Koleksi sepatu yang disimpan dalam jangka waktu panjang dapat mengalami perubahan bentuk sehingga bisa menimbulkan rasa sakit dan tidak nyaman saat dipakai. Nah, supaya bentuk sepatu kesayangan Anda tidak berubah, Anda bisa menggunakan alat penyangga atau shoe tree. Pilihlah shoe tree yang berbahan kayu karena selain mempertahankan bentuk sepatu, material kayunya juga dapat menyerap kelembapan pada sepatu. Jika Anda tidak memiliki shoe tree, coba gunakan gumpalan tisu atau kertas koran sebagai alternatifnya.

Penanganan Khusus untuk Sepatu Kulit

Sepatu kulit memerlukan teknik perawatan yang berbeda dibandingkan sepatu berbahan kanvas. Pertama, hindari menyimpan sepatu kulit di dalam plastik karena bisa menyebabkan warna sepatu menjadi pudar. Selain itu, hindari juga pencucian sepatu kulit menggunakan sabun karena bisa membuat tekstur kulit menjadi rusak. Gunakanlah cairan pembersih khusus untuk sepatu kulit.

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler