fbpx
Connect with us

Info Ringan

Sembilan Manfaat Daun Kelor Bagi Kesehatan

Diterbitkan

pada

BDG

Jogja,(pidjar.com)–Meskipun kerap dikaitkan dengan hal-hal berbau mistis, tapi pada kenyataannya daun kelor memiliki segudang manfaat. Ramuan dari daun kelor diyakini mampu meningkatkan imunitas tubuh seseorang sehingga dapat meminimalisir kemungkinan terkena berbagai serangan penyakit dari bakteri dan virus, termasuk virus corona. Tak hanya itu, daun kelor bahkan disebut sebagai tanaman ajaib karena dari dulu dikenal memiliki manfaat untuk menyembuhkan seseorang dari berbagai macam penyakit. Penasaran apa saja manfaat kesehatan yang dimiliki daun kelor? Yuk, langsung saja simak pembahasan  mengenai manfaat daun kelor untuk kesehatan di bawah ini!

Daun Kelor Bermanfaat Menurunkan Kadar Gula Darah

Daun kelor disebut-sebut ampuh untuk menurunkan kadar gula darah. Tidak heran jika para penderita diabetes sering mencari tanaman yang satu ini. Tidak tanggung-tanggung, mengonsumsi daun kelor secara teratur juga diklaim bisa menurunkan kadar gula darah hingga 20%, lho! Untuk mengonsumsi daun kelor ini, kamu cukup mencampurkannya ke dalam makananmu.

Daun Kelor untuk Mengurangi Kolesterol

Kolesterol tinggi di dalam tubuh dapat memicu serangan jantung dan stroke. Nah, untuk menguranginya, kamu bisa coba mengonsumsi ramuan daun kelor. Hal ini karena daun kelor memiliki fungsi seperti kacang-kacangan yang mampu mengurangi kadar kolesterol jahat. Dengan begitu, ancaman serangan jantung dan stroke pun bisa dihindari.

Berita Lainnya  Tujuh Manfaat Jambu Kristal bagi Kesehatan

Daun Kelor Bermanfaat untuk Amankan Sistem Pencernaan

Daun kelor sangat ramah terhadap pencernaan. Tak hanya itu saja, bahkan tumbuhan daun kelor juga bisa menyehatkan sistem pencernaanmu karena mengandung serat dan kalsium yang cukup tinggi. Dengan sistem percernaan yang lancar, metabolisme tubuh pun akan lebih lancar dan menghindarkanmu dari berat badan berlebih. Tertarik mencoba manfaat daun kelor ini?

Daun Kelor Kaya Antioksidan

Daun kelor mengandung antioksidan yang tinggi sehingga mampu menghindarkan tubuh dari berbagai serangan penyakit kronis. Antioksidan yang tinggi pada daun kelor ini juga akan membuat daya tahan tubuhmu lebih kuat untuk menangkal berbagai penyakit.

Daun Kelor untuk Mengatasi Stres 

Apakah kamu sering merasa stres karena pekerjaan atau hal lainnya? Jika iya, kamu bisa memanfaatkan daun kelor yang dipercaya mampu membuat seseorang menjadi lebih rileks karena kandungan asam amino triptofan yang ada di dalamnya. Jika stresmu bisa diatasi dengan daun kelor ini, maka tubuhmu pun akan lebih sehat. Hal ini karena secara tidak lansung, stres bisa mengurangi imunitas tubuh seseorang.

Berita Lainnya  Prediksi Teknologi Masa Depan, Manusia Dapat Berkomunikasi Dengan Mesin?

Daun Kelor Mampu Melindungi Tubuh dari Bakteri 

Ekstrak daun kelor memiliki kandungan antibakteri. Dengan kandungan tersebut, daun kelor bisa menghalangi perkembangan berbagai mikroorganisme berbahaya di dalam tubuh. Jika terus dibiarkan di dalam tubuh, mikroorganisme berbahaya tersebut dapat menjadi bakteri perusak yang menimbulkan berbagai penyakit. Oleh karena itu, untuk mencegahnya konsumsilah ramuan daun kelor ini secara rutin.

Daun Kelor Bermanfaat untuk Mencegah Kanker

Dalam sebuah jurnal ilmiah yang terbit pada tahun 2011, daun kelor disebut mampu menjadi obat antikanker. Ekstra dari tanaman daun kelor ini dipercaya mampu mematikan reproduksi sel-sel kanker di dalam tubuh yang hendak berkembang. Oleh karena itu, minumlah ekstra daun kelor untuk mencegah pertumbuhan sel kanker di dalam tubuh. Melalui pencegahan ini, tentunya kamu akan lebih terhindar dari penyakit kanker yang menyeramkan.

Berita Lainnya  Enam Manfaat Baik Mengkonsumsi Roti Tawar Bagi Tubuh

Daun Kelor untuk Menjaga Kesehatan Hati 

Hati merupakan salah satu bagian terpenting dalam tubuh karena organ yang satu ini mampu menghancurkan racun dan zat-zat tidak berguna bagi tubuh. Sayangnya, jika hati bekerja terlalu keras bisa membuatnya cepak rusak. Salah satu penyebabnya karena terdapat lemak yang menumpuk. Nah, untuk menjaga kesehatan hati, kamu bisa coba dengan mengonsumsi daun kelor. Daun kelor ini mampu meningkatkan metabolime tubuh sehingga membuat kerja hati lebih ringan. Alhasil, kesehatan hati pun akan lebih terjaga.

Daun Kelor untuk Menurunkan Tekanan Darah

Apakah kamu termasuk orang yang mengalami tekanan darah tinggi? Jika iya, kamu bisa menyiapkan ekstrak daun kelor untuk menurunkan tekanan darahmu. Hal ini karena daun kelor memiliki kandungan zat hiocarbamate glikosida, nitrile, dan glikosida minyak mustard yang bisa menurunkan tekanan darah. Gabungan zat-zat pada daun kelor tersebut juga mampu membuat tekanan darah lebih terkontrol.

 

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler