fbpx
Connect with us

Info Ringan

Enam Manfaat Pisang Merah untuk Kesehatan

Published

on

Jogja,(pidjar.com)–Seperti halnya dengan pisang yang memiliki warna kulit kuning, pisang warna merah juga mampu memberikan asupan nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh. Apa saja khasiatnya bagi kesehatan? Berikut adalah berbagai manfaat pisang merah yang berguna bagi kesehatan, di antaranya:

Meningkatkan Sistem Imunitas

Pisang warna merah kaya akan beta-karoten dan vitamin C. Antioksidan ini dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membuatnya lebih mudah bagi tubuh untuk melawan bakteri, virus, dan mikroorganisme berbahaya lainnya. Jika rutin mengonsumsinya, Anda akan jarang mengalami pilek dan flu.

Meningkatkan Energi

Manfaat pisang merah berikutnya adalah kemampuannya untuk meningkatkan energi. Pisang warna merah mengandung tiga varietas gula alami yang berbeda: fruktosa, sukrosa, dan glukosa. Karena ketiga varietas gula ini dipecah dengan cepat, mengonsumsi buah ini akan memberi Anda energi yang cepat dan energi yang berkelanjutan sepanjang hari. Hal inilah yang membuat pisang merah menjadi menu sarapan yang baik.

Berita Lainnya  Lima Biji Kopi dengan Harga Termahal Di Dunia

Mengatasi Sembelit

Pisang warna merah juga merupakan pilihan tepat jika Anda memiliki masalah pencernaan seperti sembelit karena kaya akan kandungan serat. Serat membantu meningkatkan fungsi saluran pencernaan dan mendorong makanan melaluinya dengan lebih efisien.

Selain itu, manfaat pisang merah juga bisa mengurangi kemungkinan Anda menderita rasa sakit dan ketidaknyamanan yang dapat disebabkan oleh sembelit. Gerakan usus yang teratur juga membantu mengurangi risiko kanker usus besar.

Mengatasi Rasa Mulas

Sembelit bukan satu-satunya masalah lambung yang dapat dibantu oleh pisang warna merah. Manfaat pisang merah lainnya yang bisa didapatkan adalah kemampuannya untuk mengatasi mulas. Selain itu, pisang merah memiliki efek antiasam, yang jika dikonsumsi secara rutin dapat mengatasi sakit maag kronis.

Berita Lainnya  Enam Hal Pemicu Penyakit Diabetes

Menjaga Kesehatan Mata

Kandungan vitamin A yang ada di dalam pisang warna merah menjadikan buah ini bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata. Lutein dan beta-karoten adalah dua karoten dalam pisang merah yang mendukung kesehatan mata.

Makanan yang kaya lutein dapat mengurangi risiko degenerasi makula terkait usia lanjut. Sementara beta-karoten adalah karotenoid yang mendukung kesehatan mata dan pisang warna merah menyediakan lebih banyak daripada varietas pisang lainnya.

Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat pisang merah lainnya yang cukup penting untuk mendukung kesehatan tubuh adalah kemampuannya untuk menjaga kesehatan jantung. Buah ini kaya akan kalium yang menangkal efek negatif natrium dan menurunkan tekanan darah tinggi yang merupakan faktor risiko utama untuk serangan jantung dan bentuk-bentuk lain penyakit jantung

 

Advertisement
Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler