fbpx
Connect with us

Info Ringan

Lima Tips Menghalau Ulat Bulu Di Area Rumah

Published

on

Jogja,(pidjar.com)–Ulat bulu pada dasarnya adalah serangga yang tidak berbahaya. Namun demikian, kehadiran ulat bulu di rumah tentu akan sangat mengganggu dan dalam beberapa kasus, ulat bulu juga bisa meninggalkan masalah kulit, seperti ruam atau gatal- gatal. Selain itu, kehadiran ulat bulu juga bisa merusak berbagai tanaman kesayanganmu, baik yang ada di pekarangan ataupun tanaman dalam rumah. Untuk mencegah semua kemungkinan buruk tersebut terjadi, berikut tipsnya!

Inspeksi dan Pembersihan Manual

Untuk membasmi ulat bulu yang sudah mulai memasuki rumah, gunakan sapu untuk mengusirnya secara efektif. Cek bagian eksterior dan interior rumah minimal satu kali sehari untuk memastikan apakah ada ulat bulu yang menempel di dinding atau tidak. Jika ada, segera jatuhkan ulat bulu tersebut. Dengan menjatuhkan ulat bulu dari dinding bisa mencegah tertinggalnya bekas cairan lengket yang bisa menodai rumahmu. Gunakan juga sapu bersih pada bagian jendela dan bingkai pintu rumah. Periksa apakah ada ulat bulu yang menempel pada perabot, permukaan meja, dan semua area rumah. Jangan lewatkan titik-titik yang menjadi tempat favorit ulat bulu, seperti tanaman hias yang ada di dalam rumah. Pastikan tidak ada satu pun ulat bulu yang tertinggal di rumah. Walaupun terkesan merepotkan, pembersihan manual ini sangat efektif untuk mencegah kerusakan yang berpotensi ditimbulkan oleh ulat bulu, lho!

Berita Lainnya  Enam Tips Merawat Tubuh Pacsa Persalinan

Cek Bagian Luar Rumah

Buang semua ulat bulu yang ditemukan di dalam rumah ke bagian luar rumah. Setelah itu, lanjutkan dengan memeriksa kepompong yang mungkin bersarang di bagian luar rumah. Jika kamu menemukan kepompong tersebut, kumpulkan semuanya beserta dengan ulat bulu yang sudah berhasil ditangkap, lalu buang ke dalam tempat sampah yang jauh dari area rumah. Untuk hasil yang lebih maksimal dalam membasmi ulat bulu, kamu bisa mengubur atau membakarnya.

Gunakan Insektisida

Cara membasmi ulat bulu selanjutnya bersifat lebih preventif, yaitu dengan menggunakan insektisida. Kamu bisa mulai menyemprotkannya dari area yang paling rentan diserang oleh ulat bulu, seperti lantai dasar rumah sesuai dengan cara pemakaian yang dianjurkan. Untuk bagian luar rumah, penggunaan insektisida bisa disemprotkan ke bagian tanaman dalam dosis secukupnya.

Buat Kebun Jadi Atraktif

Untuk mengontrol serangan ulat bulu secara alami, gunakan bantuan burung. Hewan ini sangat ampuh untuk mengendalikan ulat bulu. Oleh karena itu, sangat penting untuk membuat kebun atau halaman rumah jadi lebih asri dan atraktif agar burung-burung tertarik bermain di area tersebut dan ulat bulu pun bisa lebih dikendalikan. Kamu bisa coba meletakkan hiasan air mancur kecil atau umpan burung. Selain burung, ayam juga bisa dimanfaatkan sebagai cara membasmi ulat bulu dari rumah.

Berita Lainnya  Lima Sayur dan Buah dengan Betakaroten Tinggi

Gunakan Oli pada Sudut Rumah

Oli atau pelumas mesin bisa dimanfaatkan untuk mengusir ulat bulu. Hal ini karena ulat bulu tidak menyukai bau menyengat dan tekstur lengket dari oli sehingga mereka akan menghindarinya. Oleh karena itu, coba oleskan oli pada setiap sudut rumah secukupnya untuk mengurangi penyebaran ulat bulu di sekitar rumah. Strategi  penggunaan oli untuk membasmi ulat bulu ini cukup ampuh, tetapi harus dipastikan kalau tidak ada anak kecil atau hewan peliharaan di rumah yang mendekati atau menyentuh oli tersebut. Utamakanlah keamanan anggota keluarga dalam memilih metode membasmi ulat bulu yang tepat.

 

Advertisement
Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler