fbpx
Connect with us

Info Ringan

Enam Manfaat Mengkonsumsi Nasi Merah Bagi Kesehatan

Diterbitkan

pada tanggal

Jogja,(pidjar.com)–Nasi merah yang diolah dari beras merah merupakan salah satu makanan pokok bagi orang Indonesia yang masih belum banyak diketahui manfaatnya secara keseluruhan. Banyak masyarakat umum yang hanya mengetahui manfaat nasi merah sebagai program diet saja. Terlepas dari manfaatnya untuk diet, ada beberapa kandungan nasi merah yang sangat bermanfaat untuk tubuh, seperti Vitamin B Kompleks, E, K, protein serta mineral. Selain itu, nasi merah juga menjadi salah satu makanan yang banyak dikonsumsi oleh penderita diabetes, obesitas bahkan mereka yang memiliki penyakit gagal ginjal. Yuk, ketahui sejumlah manfaat nasi merah untuk kesehatan agar Anda tidak ragu mengkonsumsinya.

Meningkatkan Kesehatan Jantung

Ada beberapa penelitian tentang kesehatan jantung menyatakan bahwa nasi merah dapat membuat jantung bekerja dengan baik. Kandungan selenium pada beras merah bermanfaat untuk kesehatan jantung. Selain itu, kandungan lainnya pada nasi merah dapat mengurangi plak pada darah yang berpotensi menimbulkan penyumbatan pada arteri di jantung. Apabila kondisi jantung baik maka perlawanan kepada hipertensi dan penyakit vasikuler lainnya dapat dilakukan. Apalagi kandungan pada nasi merah dapat melawan protein endokrin angiostensin II yang merupakan salah satu sel yang dapat meningkatkan tekanan darah.

Mengontrol Penyakit Diabetes

Selain dapat menyehatkan jantung, nasi merah juga dapat dikonsumsi oleh penderita diabetes. Kalori dan indeks glikemik yang rendah pada nasi merah mampu mengurangi risiko kenaikan kadar glukosa dalam darah. Selain itu, nasi merah juga mampu mengurangi peningkatan insulin dan mengatur volume insulin di dalam tubuh apabila dikonsumsi secara teratur dan dengan takaran yang pas. Beras merah juga kaya akan asam fitrat, serat, dan polifenol yang penting bagi kesehatan darah. Apabila Anda adalah pasien diabetes, maka Anda wajib mengkonsumsi nasi merah secara rutin dengan mengganti nasi putih yang biasa Anda konsumsi. Pasalnya, asosiasi diabetes di Amerika juga sudah mencanangkan mengenai pentingnya pasien diabetes mengkonsumsi nasi merah untuk menjaga keseimbangan energi tubuhnya.

Berita Lainnya  Empat Penyakit yang Biasa Menyerang Anak Saat Musim Pancaroba

Mencegah Alzheimer

Alzheimer merupakan salah satu penyakit yang banyak dialami oleh lansia. Penyakit ini ditandai dengan hilangnya memori ingatan dan susah untuk mengingat sesuatu baik secara jangka panjang maupun jangka pendek. Alzheimer sendiri disebabkan oleh endopeptidase prolyl yang mana bisa dicegah dengan konsumsi nasi merah karena kandungannya yaitu asam Gama-aminobutyric. Selain alzheimer kandungan nasi merah dapat membantu proses pemulihan dimensia dan amnesia ringan.

Mencegah Obesitas

Obesitas merupakan salah satu masalah tersebar kesehatan di dunia. Menurut indeks yang dikeluarkan oleh WHO, prevalensi obesitas tertinggi di Dunia adalah Negara Kuwait. Persentase 42,8% dari populasi masyarakat di Kuwait mengalami obesitas. Artinya, 1 dari 2 orang di Kuwait mengalami obesitas yang cukup serius. Obesitas sendiri adalah kondisi berat badan berlebih yang dapat membawa berbagai penyakit organ tubuh seperti diabetes, gagal jantung, hipertensi bahkan stroke dan berpotensi meninggal dunia. Konsumsi nasi merah dapat meningkatkan aktivitas glutathion proxidase dan antioksidan yang dapat meningkatkan kadar kolesterol HDL (kolesterol baik) dalam tubuh. Selain itu, bagi Anda yang sedang melangsungkan program diet penurunan berat badan, nasi merah adalah sumber karbohidrat terbaik yang tidak akan meningkatkan berat badan Anda.

Berita Lainnya  Rahasia-rahasia Agar Tubuh Jadi Langsing

Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Tahukah Anda bahwa nasi merah yang kaya akan vitamin, mineral dan komponen fenolik essesial? Kandungan-kandungan tersebut berperan penting untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Dengan kata lain, konsumsi nasi merah setiap hari dapat mempercepat proses penyembuhan dan mampu melawan terjadinya infeksi di dalam tubuh. Nasi merah dapat dikonsumsi menggunakan lauk pauk dengan gizi seimbang seperti sayuran hijau, daging, ikan laut, tahu tempe dan sebagainya. Meskipun awalnya terasa “aneh” karena kita terbiasa mengkonsumsi nasi putih, lama kelamaan Anda akan terbiasa memakan nasi merah.

Mengontrol Kolesterol dalam Darah

Nasi merah memiliki berbagai kandungan alami vitamin, mineral dan protein yang baik bagi kesehatan khususnya kesehatan kolesterol. Apalagi nasi merah juga memiliki kandungan minyak alami yang dapat menjaga kolesterol tetap stabil. Konsumsi nasi merah dapat membantu meningkatkan serum dan kolesterol HDL (kolesterol baik) di dalam tubuh. Di samping itu, konsumsi nasi merah juga dapat mencegah meningkatnya trigliserida dalam liver karena kebiasaan mengkonsumsi alcohol.

Iklan
Klik untuk Komentar
Iklan

Facebook Pages

Iklan
Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler