fbpx
Connect with us

Info Ringan

Tujuh Manfaat Jagung Bagi Ibu Hamil

Published

on

Jogja,(pidjar.com)–Salah satu hal yang paling banyak ditakutkan ibu hamil yaitu, makanan yang boleh maupun tidak boleh dimakan. Sebab, jika Ibu hamil salah mengonsumsi makanan bisa menyebabkan gangguan pada kehamilan seperti keguguran bahkan keracunan. Salah satu jenis makanan yang tepat bagi Ibu hamil adalah jagung. Salah satu manfaat jagung rebus adalah membantu tumbuh kembang janin. Berikut beberapa manfaat jagung bagi ubu hamil dilansir dari prenagen.com.

Menjaga Kesehatan Plasenta

Memelihara kesehatan plasenta saat kehamilan terbilang tidak begitu mudah. Namun, hal itu bisa diatasi dengan mengonsumsi jagung secara rutin. Kandungan kalium yang terkandung dalam jagung dapat menjaga cairan dalam tubuh, sehingga sel plasenta dapat terjaga keamanannya.

Nutrisi Lengkap Ibu Hamil

Kandungan vitamin kompleks di dalam jagung berguna bagi kesehatan syaraf. Jagung juga banyak mengandung mineral seperti zat besi, mangan, selenium dan magnesium. Selain itu, jagung juga bisa menjaga kesehatan ibu hamil secara keseluruhan, sehingga badan tidak mudah lelah, pegal-pegal dan letih.

Mencegah Sembelit

Sembelit merupakan gangguan kehamilan yang paling sering terjadi di periode awal kehamilan. Produksi hormon progesteron mempengaruhi usus, sehingga pencernaan Ibu hamil melambat. Namun, masalah ini dapat diatasi dengan mengonsumsi jagung secukupnya selama kehamilan. Hal tersebut dikarenakan jagung mengandung sumber serat yang cukup tinggi sehingga usus ibu hamildapat bekerja lebih baik.

Mengoptimalkan Tumbuh Kembang Janin

Manfaat jagung rebus selanjutnya yaitu, mengoptimalkan tumbuh kembang janin. Di dalam jagung juga mengandung asam folat yang bermanfaat untuk mendukung pertumbuhan serta perkembangan janin. Sehingga, jagung bisa mencegah bayi terlahir dengan berat badan kurang serta bayi terlahir cacat seperti, cacat pada tulang belakang dan saraf.

Mencegah Masalah Cacat Otot Bayi

Kesehatan otot merupakan salah satu bagian yang amat penting pada kesehatan janin. Terlebih, sistem pembentukan massa otot dibentuk sejak di dalam kandungan . Adanya zat yang bernama zeaxanthin di dalam jagung, mempunyai peran yang besar dalam pembentukan masa otot, sehingga jagung sangat baik untuk janin. Masalah cacat otot, biasanya dialami oleh bayi yang lahir karena, kekurangan zexanthin selama di dalam kandungan. Kondisi ini, biasanya terjadi ketika bayi memasuki usia lebih dari 1 tahun.

Memacu Fungsi Otak Janin

Jagung adalah salah satu sumber tiamina yang cukup tinggi. Tiamina dIbutuhkan janin guna membentuk perkembangan sel-sel otak, serta mendukung fungsi kognitif terhadap bayi. Perkembangan otak janin telah dimulai sejak dalam kandungan. Sehingga, cara menjaga kehamilan dengan asupan tiamina yang cukup akan membantu kecerdasan yang sangat baik bagi bayi.

Membantu Proses Kesempurnaan Organ Janin

Kandungan nutrisi yang sangat penting pada jagung adalah asam pantotenat. Zat ini sangat berperan dalam mengembangkan fungsi penting dari organ seperti ginjal, paru-paru, jantung dan otak. Apabila selama kehamilan janin kekurangan asupan pantotenat, biasanya akan ditemukan sejumlah kelainan yang berkaitan dengan fungsi organ tubuh.

 

Advertisement
Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler