fbpx
Connect with us

Info Ringan

Tujuh Manfaat Buah Begkoang Bagi Tubuh

Published

on

Jogja,(pidjar.com)–Bengkoang terkenal akan kandungan seratnya yang tergolong tinggi. Pada setiap 100 gram bengkoang, terdapat kurang lebih 4,9–5 gram serat dan 40 kalori. Jumlah serat ini sudah setara dengan 10–15% dari kebutuhan serat harian orang dewasa. Selain serat, bengkoang juga memiliki sejumlah nutrisi lain yang juga penting bagi kesehatan Anda. Buah berwarna putih ini punya rasa yang manis namun tidak terlalu dominan, sehingga nikmat dikonsumsi dengan bumbu rujak. Tak hanya itu, manfaat bengkuang untuk kesehatan juga melimpah. Dilansir dari sehatqu.com, berikut manfaat buah begkoang bagi tubuh.

Kaya Antioksidan

Bengkoang kaya akan antioksidan yang dapat mencegah kerusakan sel-sel tubuh. Kandungan vitamin E, vitamin C, selenium, dan beta-karoten dalam bengkuang membantu tubuh menangkal radikal bebas dan stres oksidatif.Itu sebabnya bengkoang direkomendasikan untuk dikonsumsi terutama bagi penderita kanker, diabetes, jantung, dan masalah kognitif lainnya.

Baik Untuk Kesehatan Jantung

Berita Lainnya  Enam Bahan Penumbuh Alis Alami

Ada banyak nutrisi dalam bengkuang yang baik bagi kesehatan jantung. Kandungan seratnya juga dapat membantu mengurangi kadar kolesterol sehingga baik untuk kinerja jantung.Bengkoang juga mengandung potasium yang dapat menurunkan tekanan darah tinggi. Sirkulasi darah dalam tubuh juga menjadi semakin baik berkat kandungan zat besi dan copper, dua hal yang memastikan produksi sel darah merah berjalan sebagaimana mestinya.

Melindungi Pencernaan

Bengkoang juga merupakan buah yang baik untuk pencernaan. Dalam 130 gram bengkuang, ada 6,4 gram serat yang dapat membantu proses pembuangan lebih lancar.Tak hanya itu, bengkoang juga mengandung serat bernama inulin. Serat ini dapat menekan 31% risiko terjadinya konstipasi. Kandungan bengkoang yang kaya akan air juga membantu memenuhi kebutuhan cairan tubuh.

Kaya Serat

Masih seputar serat, manfaat bengkoang selanjutnya adalah memproduksi bakteri baik di pencernaan. Ketika sistem pencernaan penuh dengan bakteri baik, maka akan berdampak pada sistem kekebalan tubuh, berat badan, bahkan mood.

Menekan Risiko Kanker

Berita Lainnya  Lima Produk Ramah Lingkungan Kekinian yang Harus Dimiliki

Bengkoang mengandung vitamin C, vitamin E, selenium, dan betakaroten sebagai antioksidan alami yang dapat menangkal radikal bebas. Kolaborasi kandungan dalam bengkuang ini membuat tubuh terlindungi dari risiko kanker.

Mengurangi Berat Badan

Konsumsi buah bengkoang adalah pilihan tepat mereka yang ingin mengurangi berat badan secara alami. Bengkoang mengandung banyak air sehingga cepat membuat seseorang merasa kenyang.Bengkoang juga mengandung serat prebiotik inulin yang membantu Anda lebih cepat kenyang. Itulah mengapa konsumsi buah bengkoang di antara waktu makan dapat membuat seseorang tidak makan besar dalam porsi berlebihan.

Menstabilkan Gula Darah

Kandungan serat dalam bengkoang juga membuat proses cerna lebih pelan sehingga kadar gula darah tidak meningkat drastis. Menurut ahli, serat bengkoang efektif dapat mempertahankan homeostasis glukosa darah sekaligus mencegah perkembangan diabetes dan obesitas dalam tubuh.

Advertisement
Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler