fbpx
Connect with us

Info Ringan

Tujuh Tips Mengecilkan Perut Paska Melahirkan

Published

on

Jogja,(pidjar.com)–Banyak wanita yang tak percaya diri dengan bentuk perutnya paska melahirkan. Perut berkerut dan menggelambir. Paling alami, cara mengecilkan perut bisa dilakukan dengan olahraga. Akan tetapi supaya lebih optimal, bisa dibantu dengan mengonsumsi makanan sehat dan teh yang tinggi antioksidan. Beberapa wanita bahkan perutnya sudah kembali rata setelah beberapa minggu melahirkan. Akan tetapi hal ini juga tergantung dari genetik, bentuk tubuh sebelum mengandung serta sering atau tidaknya berolahraga. Berikut ini cara mengecilkan perut setelah melahirkan yang tak menimbulkan efek samping dan aman, dirangkum dari berbagai sumber.

Menyusui

Tahukah moms, menyusui akan membantu menurunkan berat badan secara alami loh! Menyusui secara eksklusif selama 6 bulan dapat membantu menurunkan berat badan sekaligus membuang lemak yang ada di perut, sehingga perut  perlahan akan rata seperti sebelum hamil.

Makan Sedikit Demi Sedikit Tapi Sering

Perubahan hormon akan terjadi setelah wanita melahirkan. Seorang ibu yang baru melahirkan membutuhkan lebih banyak energi dalam 6 bulan pertama, karena mereka harus sering menyusui bayinya. Ibu menyusui membutuhkan kalori ekstra untuk memproduksi susu, jadi tidak perlu mengurangi asupan kalori secara drastis. Jangan pernah tidak makan pada waktunya atau menahan lapar hanya untuk mengecilkan perut, karena proses metabolisme tubuh akan melambat jika tak makan. Lebih baik makan sedikit-sedikit namun sering ( 3-4 kali sehari), dari pada hanya makan 2 kali sehari tapi dalam jumlah yang besar. Hal ini akan melancarkan metabolisme, sehingga lebih banyak lemak dan kalori yang dibakar.

Hindari Tidur Setelah Makan

Tak baik makan lalu tidur. Bagi ibu setelah melahirkan, cara ini justru membuat perut tambah buncit. Selain itu, tidur setelah makan membuat makanan yang telah dikonsumsi tidak bisa langsung diproses oleh pencernaan dan diserap tubuh. Efeknya justru terjadi penumpukan lemak dan kalori.

Gunakan Korset

Memakai korset adalah cara tradisional tapi efekif untuk mengencangkan otot-otot perut. karena dengan memakai korset perut akan mengecil dan mendorong rahim kembali ke ukuran semula pasca melahirkan. Memakai korset juga membantu  mengurangi rasa nyeri pada pinggang serta mengembalikan postur tubuh yang mungkin mengalami pergeseran akibat hamil dan melahirkan.

Mulailah Untuk Beryoga

Yoga adalah salah satu olahraga ringan, yang bisa dilakukan tanpa meninggalkan buah hati Anda. Yoga bisa dilakukan di rumah saat bayi tertidur. Pelajari teknik gerakan yoga dari buku atau internet. Gerakan yoga, diyakini dapat membantu membuat perut rata kembali pasca melahirkan.

Minum Banyak Air Putih

Dengan meminum banyak air putih, dapat membantu  menurunkan lemak perut pasca melahirkan. Air putih  dapat membantu mengembalikan keseimbangan cairan tubuh. Air putih juga dapat mendorong kelebihan lemak untuk kemudian dibuang melalui proses metabolisme.

Minum Teh Hijau

Mengonsumsi teh hijau adalah pilihan yang baik untuk mengurangi lemak pada perut. Karena menurut penelitian teh hijau sangat baik untuk membantu pembakaran lemak. Tapi yang terpenting dari konsumsi teh hijau adalah kandungan antioksidannya yang melindungi dari efek radikal bebas.

 

Advertisement
Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler