fbpx
Connect with us

Uncategorized

Resep Martabak Manis Teflon

Published

on

Jogja,(pidjar.com)–Anda gak melulu mesti beli martabak manis di luar, karena sebenarnya bisa juga bikin sendiri di rumah. Anda bisa mencoba resep berikut ini yang cuma pakai teflon. Dengan resep rumahan, Anda bisa menikmati martabak manis kapan saja Anda mau.

Bahan-bahan

250 gram tepung terigu protein sedang

45 gram gula pasir

1/2 sdt garam

1/4 sdt vanila bubuk

1 butir telur

300 ml air

1/2 sdt soda kue

1/2 sdt baking powder

50 ml air untuk melarutkan soda kue dan baking powder

Secukupnya gula pasir untuk taburan

Secukupnya margarin untuk olesan

Topping sesuai selera (ceres dan keju)

Langkah

  1. Siapkan bahan. Campur semua bahan A sambil di tambahkan air sedikit demi sedikit. Aduk menggunakan whisk sampai halus dan kalis. Pastikan tidak ada yang bergerindil (kurleb10 menitan).
  2. Istirahatkan adonan, tutup dengan kain bersih 1 jam di suhu ruang.
  3. Setelah diistirahatkan adonan. Larutkan soda kue dan baking powder ke dalam air 50 ml. Lalu campurkan ke dalam adonan, aduk kembali dengan wisk sampai rata. (Di resep di bagi 2 adonannya, kalo aku coba dibikin 3 bagian adonannya, buat 3 kali manggang)
  4. Alasi teflon dengan alumuniun yang agak tebal. Panaskan teflon dengan api sedang. Kalo teflon sudah panas, kecilkan api tapi jangan terlalu kecil, tunggu 1 menit supaya panas teflonnya stabil.
  5. Tuang adonan, bentuk pinggir dengan sendok sayur atau dengan menggoyang keliling teflon. Besarkan api tapi jangan terlalu besar, supaya gelembung” nya keluar semua.
  6. Bila sudah setengan matang, taburkan gula pasir untuk membantu memecahkan gelembung”lalu tutup teflon. Kecilkan api supaya tidak gosong). Masak selama kurleb 1-2 menit hingga permukaan martabak benar” kering.
  7. Sisir pinggiran martabak dengan spatula anti panas supaya tidak merusak teflon.
  8. Angkat dan olesi permukaan martabak dengan margarin selagi panas. Beri topping sesuai selera. Potong kemudian lipat, olesi kembali kulit martabaknya dengan margarin. Potong dan siap disajikan.
  9. Ulangi sampai adonan habis.

Advertisement
Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler