fbpx
Connect with us

Pemerintahan

5 Keluarga di Gunungkidul Berangkat Transmigrasi ke Sulawesi

Diterbitkan

pada

BDG

Wonosari,(pidjar.com)– Lima Kepala Keluarga (KK) warga Kabupaten Gunungkidul akan diberangkatkan ke Sulawesi Tenggara dan Sulawesi Barat untuk mengikuti program transmigrasi. Rencananya mereka akan berangkat pada 30 November 2023 ini.

Kepala Dinas Perindustrian Koperasi Usaha Kecil Menengah dan Tenaga Kerja Gunungkidul, Supartono mengatakan, beberapa bulan lalu pihaknya telah mem uka pendaftaran berkaitan dengan program transmigrasi ke luar Jawa. Adapun pada saat itu, peminat program ini cukup banyak kemudian pihak dinas melakukan seleksi sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Dari banyaknya pendaftar tersebut, hanya beberapa KK yang lolos dan akan segera diberangkatkan ke daerah tujuan. Tanggal 30 November besok ada 5 KK dengan jumlah jiwa sebanyak 16 orang akan diberangkatkan ke UPT Raimuna, Kecamatan Maligano, Kabupaten Muna, Sulawesi Tengggara dan ke permukiman Salulisu, Kecamatan Tobadak, Kabupaten Mamuju Tengah, Sulawesi Barat.

Berita Lainnya  Tinggal Mencari Lokasi, Pemerintah Kabupaten Gunungkidul Akan Bangun Museum

“Kalau yang Sulawesi Tenggara itu 2 KK kemudian yang ke Sulawesi Barat 3 KK,” kata Supartono.

Ia menjelaskan para calon transmigran ini merupakan warga Kalurahan Krambilsawit, Kapanewon Saptosari; Bleberan Playen, Banaran, Kapanewon Playen; dan Nglegi, Kapanewon Patuk.

Mereka akan tinggal di wilayah tersebut dan menggarap lahan yang telah tersedia untuk dikembangkan pertanian dan beberapa hal lainnya.

Sementara itu, Bupati Gunungkidul, Sunaryanta berpesan kepada para calon transmigran untuk dapat segera menyesuaikan diri ditempat baru yang akan disinggahi. Mereka juga diminta untuk mengupayakan tanah yang diberikan pemerintah sehingga kehidupan mereka akan lebih baik.

“Yang paling penting disana anak anak harus tetap sekolah,” papar Bupati Sunaryanta.

Berita Lainnya  Hasil Akhir Kandidat Bupati Terjaring Sebanyak Sebelas Nama

Pihaknya juga berharap, para transmigran semangat mencari penghidupan yang lebih baik. Ketika sudah sukses kelak dapat kembali ke Kabupaten Gunungkidul dengan harapan dan cita cita baru.

“Jangan lupakan tanah kelahiran, ini pergi untuk mencari kehidupan yang lebih baik saja, nanti bisa kembali ke kampung halaman (Gunungkidul),” tegas bupati

Salah satu calon transmigran, Didik Sudarmanto, mengatakan tekadnya untuk mengikuti transmigrasi telah bulat. Ia bersama dengan 6 anggota keluarganya merantau di luar jawa. Sebagai bekal untuk berkembang disana, ia memiliki keahlian khusus dalam bidang Informasi Teknologi (IT) dan siap dikembangkan di wilayah transimigrasi.

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler