fbpx
Connect with us

Politik

9 Warga Binaan Lapas Perempuan Yogyakarta Mendapatkan Remisi Hari Raya Waisak

Diterbitkan

pada

BDG

Wonosari,(pidjar.com)—Kamis (23/05/2024) ini umat Budha di seluruh daerah tengah merayakan Hari Raya Waisak. Pada momentum ini, ada beberapa warga binaan di Lembaga Permasyarakatan Perempuan Yogyakarta Kelas IIB yang berada di Kabupaten Gunungkidul mendapatkan remisi atau potongan masa hukuman mereka.

Kepala Kanwil Kemenkumham DIY, Agung Rektono Seto mengatakan, pemberian remisi khusus ini merupakan bagian dari peningkayam layanan terhadap warga binaan di lembaga permasyarakatan. Sedikitnya ada 9 narapidana yang pada momentum Hari Raya Waisak ini mendapatkan remisi.

“Ada 9 napi yang mendapatkan remisi yaitu 8 di LPP Wonosari dan ada 1 berada di Lapas Narkotika di Yogyakarta,” papar Agung Retkono Seto, Kamis pagi usai penyerahan remisi.

Ia menjelaskan, para narapidana ini mendapatkan pengurangan masa tahanan mulai dari 1 bulan, 1 bulan 15 hari hingga 2 bulan. Mayoritas dari narapidana ini terjerat kasus narkotika.

“9 napi ini tidak hanya dari wilayah DIY saja namun pindahan dari LPP luar DIY. Ada napi yang berstatus warga negara asing juga,” sambung dia.

Untuk mendapatkan remisi tentunya tidaklah mudah, sebab ada beberapa kriteria yang harus dipenuhi. Mulai dari berkelakuan baik, aktif dalam kegiatan yang diselenggarakan oleh LPP, dan beberapa lainnya.

Berita Lainnya  Data Perbaikan Dukungan Dua Bapasalon Perseorangan Dinyatakan Memenuhi Syarat, KPU Segera Lakukan Verifikasi Faktual

“Pesan untuk temen-temen ini, jadikanlah momentum menjalani pidana ini untuk instropeksi atas kesalahan yang telah dilakukan di masa lalu,” jelas dia.

Sementara itu, Kepala LPP Kelas IIB Yogyakarta, Evy Loliancy mengatakan, berkaitan dengan Hari Raya Waisak ini warga binaan yang beragama Budha akan menjalani ibadah pada Jumat (24/05/2024) esok. Untuk hari ini, selain penyerahan remisi para warga binaan ini mendapatkan bonus untuk merayakan hari raya dengan keluarga mereka.

“Kami berikan waktu untuk komunikasi dengan keluarga dengan cara videocall,” tutup Evy Loliancy.

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler