fbpx
Connect with us

Info Ringan

Asyiknya Menikmati Keindahan Sawah Putat Sembari Ngopi Dari Biji Kopi Pilihan

Diterbitkan

pada tanggal

Patuk, (pidjar.com)–Gemericik air dari saluran irigasi masyarakat di Padukuhan Putat Wetan, Desa Putat, Kecamatan Patuk memang cukup menentramkan hati. Ditambah dengan paduan alam yang asri melihat hijaunya pertanian warga sekitar semakin menambah sensasi. Ada pula lukisan yang khusus disajikan untuk memanjakan mata pengunjung. Semuanya ini bisa didapatkan sekaligus dengan berkunjung dan ngopi di tempat ini, Kopi Putat. Tak hanya menikmati pemandangan asyik, warung kopi asri yang terletak di Jalan Jogja-Wonosari ini juga menawarkan sejumlah menu unik.

Pidjar.com pun mencoba melihat menu yang ada. Satu menu dengan nama yang cukup menarik perhatian adalah kopi lanang. Kopi lanang sendiri memang menjadi andalan warung kopi ini. Namanya memang cukup unik, karena dalam Bahasa Indonesia lanang berarti laki-laki. Lalu apa bedanya kopi lanang dengan kopi lainnya?

Berita Lainnya  Enam Hewan Pendeteksi Bencana

“Kopi lanang adalah istilah untuk menyebut biji kopi atau olahan kopi yang tidak berkeping dua,” tutur pemilik Kopi Putat, Agus Rianto kepada pidjar.com, Sabtu (03/08/2019).

Menurutnya, semua tanaman kopi baik robusta maupun arabika mempunyai kemungkinan menghasilkan kopi lanang. Namun kemungkinan itu tetap kecil. Setelah melalui proses blender dan penyaringan pada kemiringan tertentu, biji kopi lanang yang berkarakteristik memiliki bentuk bulat akan mengglinding ke bawah. Adapun jumlahnya pada satu kilogram, hanya ada lima hingga enam biji kopi lanang.

“Makanya harganya cukup mahal, satu gelas kopi lanang kami hargai Rp. 20.000 hingga Rp. 30.000,” imbuhnya.

Dengan proses yang cukup rumit, rasanya dari kopi ini pun cukup unik. Berbeda dengan kopi pada umumnya, Kopi Lanang memiliki cita rasa seduhan yang begitu halus dengan aroma serta taste tiga kali lebih kuat jika dibandingkan dengan biji kopi biasa. Kopi ini juga memiliki kadar kafein yang sangat tinggi sehingga menimbulkan efek tidak mudah mengantuk bagi siapa saja yang mengkonsumsinya.

Berita Lainnya  Lima Kuliner dari Olahan Tahu

“Kami sajikan dengan cara klasik yakni kopi tubruk,” ujarnya.

Menurut Agus, banyak orang yang meyakini bahwa kopi ini mempunyai khasiat untuk menambah tenaga ekstra serta vitalitas bagi kaum pria. Dengan kata lain, kopi ini dapat dijadikan stimulant untuk menambah keperkasaan laki-laki. Namun sayangnya, belum ada penelitian yang spesifik tentang hal tersebut.

“Tapi bisa dicoba sendiri seperti apa manfaatnya untuk para pria dewasa,” kelakar Agus.

Iklan
Klik untuk Komentar
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler