fbpx
Connect with us

Info Ringan

Delapan Manfaat Jahe Merah Untuk Kesehatan

Diterbitkan

pada

BDG

Jogja,(pidjar.com)–Jahe merupakan rempah alami yang umumnya digunakan untuk memperkuat rasa dalam masakan. Jahe ternyata mempunyai berbagai jenis dengan khasiat yang berbeda-beda. Jahe merah misalnya banyak digunakan untuk tujuan kesehatan dan kecantikan. Apa saja manfaat yang bisa didapatkan dari jahe merah? Berikut delapan manfaat dikutip dari foodasia.com!

1. Menghilangkan Jerawat

Jahe merah mengandung zat anti peradangan. Kandungan ini dapat dimanfaatkan sebagai  obat jerawat. Cukup bubuhkan irisan jahe merah pada bagian wajah yang berjerawat  atau buatlah masker dengan campuran jahe merah dan oleskan ke seluruh bagian wajah. Selain mengobati jerawat, jahe merah juga dapat mengurangi produksi minyak pada permukaan kulit wajah yang menjadi sumber jerawat.

2. Melancarkan Pencernaan

Jahe merah sangat berguna dalam memperlancar metabolisme tubuh, membantu membakar lemak, dan menetralisir efek keracunan makanan.  Jahe merah juga dapat digunakan sebagai pencahar alami untuk mengobati sembelit atau susah buang air besar. Manfaat lain dari jahe merah adalah mencegah perut kembung dan masuk angin. Umumnya jahe merah dikonsumsi dalam bentuk teh jahe merah.

Berita Lainnya  Lima Menu Sarapan yang Sebaiknya Tidak Dikonsumsi

3. Menghaluskan Kulit

Jahe merah mengandung antioksidan yang tinggi. Antioksidan merupakan bahan aktif yang berfungsi untuk melindungi sel dari radiasi terutama yang berasal sinar matahari. Jika diaplikasikan pada kulit wajah manfaat jahe merah dapat melindungi kulit wajah dari efek radikal bebas sinar matahari.  Jahe merah juga dapat menghilangkan flek hitam dan keriput sehingga kulit terasa lebih halus.

4. Membantu Diet

Sifat jahe merah yang panas dapat membantu proses pembakaran lemak tubuh. Meminum ramuan jahe merah sebelum dan sesudah makan dapat mengurangi nafsu makan. Rutin mengonsumsi jahe merah 2-3 kali sehari dapat menurunkan berat badan hingga 1 kg dalam satu minggu. Jahe merah dapat juga dibubuhkan pada perut untuk mengatasi perut buncit.

5. Mengobati Rematik

Berita Lainnya  Lima Destinasi Yang Cocok Untuk Solo Traveling  

Ada berbagai macam gejala rematik. Namun, gejala yang paling sering ditemui adalah nyeri pada sendi. Jahe merah diketahui dapat mengurangi produksi leukotrin yang menyebabkan peradangan sendi. Efek anti inflamasi yang terkandung dalam jahe merah juga membantu mengurangi nyeri pada pasien rematik seperti halnya obat penghilang nyeri. Untuk mengobati rematik ramuan jahe dapat diminum secara rutin dengan cara diseduh.

6. Meringankan Mual dan Muntah

Rasa jahe merah yang kuat pada lidah dan efek hangat yang terasa di perut dapat membantu meringankan gejala mual dan muntah. Hal ini berguna bagi ibu hamil yang sering mengalami gejala mual atau dapat juga bermanfaat bagi orang yang mengalami mabuk di perjalanan. Jahe merah dapat dikombinasikan dengan madu agar rasanya tidak terlalu kuat.

Berita Lainnya  Tujuh Manfaat Positif Menonton Drakor

7. Mengurangi Nyeri Haid

Nyeri atau kram pada saat haid dapat sangat menganggu bagi perempuan. Sebagian perempuan mengalami nyeri yang akut selama masa menstruasi atau sebelum menstruasi. Kondisi ini  dapat dikurangi dengan mengonsumsi jahe merah secara rutin bukan hanya pada saat haid berlangsung. Akan tetapi perlu hati-hati karena konsumsi jahe merah juga dapat meningkatkan intensitas haid sehingga menimbulkan ketidaknyamanan pada perempuan.

8. Menyebabkan Iritasi Mulut

Jahe merah dikenal dengan rasanya yang lebih kuat daripada jenis jahe lainnya walaupun ukurannya lebih kecil. Konsumsi jahe merah secara berlebihan dapat menyebabkan ketidaknyamanan bahkan iritasi pada mulut. Rasa pedas dan panas yang dihasilkan oleh jahe tidak baik bagi kesehatan mulut. Batasi konsumsi jahe untuk mendapatkan khasiat pada tubuh tanpa harus mengalami mulut terbakar.

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler