fbpx
Connect with us

Pariwisata

Awal Mulai Dibuka, Obyek Wisata Kali Suci Masih Sepi Wisatawan

Published

on

Semanu,(pidjar.com)–Tahap uji coba obyek wisata di Gunungkidul pada era new normal telah mulai dilaksanakan. Salah satu obyek wisata minat khusus yang dibuka adalah Kali Suci yang terletak di Pacarejo Semanu.

Namun begitu, pada hari pertama kembali dibuka pada Senin (22/06/2020) ini, obyek wisata Kali Suci masih sepi pengunjung. Tidak ada pengunjung yang masuk ke obyek wisata ini. Baru beberapa pengunjung yang menghubungi pengelola untuk dengan menanyakan bagaimana prosedur kesehatan yang diterapkan di lokasi wisata.

“Kemarin sudah ada yang bertanya-tanya dan ingin reservasi. Kalau hari Senin kemarin memang belum ada,” jelas salah satu pemandu Sukiran, Selasa (23/06/2020).

Kendati belum ada tanda-tanda kedatangan wisatawan, namun Sukiran masih optimis bahwa obyek wisata yang ia kelola masih memiliki prospek cerah. Pada akhir pekan nanti, dia meyakini bahwa wisatawan akan mulai berdatangan.

Berita Lainnya  Menikmati Eloknya Pemandangan Hijau di Kampung Emas, Jauh dari Kota, Dekat dengan Alam

“Kali suci memang yang pertamakali uji coba dibuka. Rencananya akan berlangsung mulai Senin kemarin, hingga 30 Juni 2020 mendatang,” kata dia.

Meski belum ada pengunjung, Koordinator Pokdarwis Kalisuci, Winarto menyatakan pihaknya sudah siap secara fisik dan SDM untuk tahap uji coba ini. Pada sisi perlengkapan, semua helm pengunjung sudah dilengkapi dengan face shield (pelindung wajah).

“Kami juga menetapkan aturan bahwa perlengkapan bersifat sekali pakai dengan prosedur new normal ini. Artinya, pengunjung baru boleh melepas seluruh perlengkapan begitu kegiatan selesai,” jelas Winarto.

Ia juga mengupayakan agar perlengkapan tersebut tidak dipakai bergantian. Ia memberi contoh, jika ada 100 pengunjung, pihaknya akan menyiapkan 100 set perlengkapan.

Berita Lainnya  Urai Kemacetan di Jalur Pantai Selatan Yang Sempit, Pembangunan Terminal Krakal Dikebut

“Ini juga berlaku bagi pemandu,” beber Winarto.

Pada masa uji coba ini, Pokdarwis Kalisuci telah menetapkan dalam satu hari kegiatan maksimal ada 100 pengunjung. Dipaparkannya, angka ini sekitar 50 persen dari kapasitas normal, yang bisa mencapai 250 orang.

“Jika nanti kuota pengunjung hari itu sudah penuh, maka wisatawan yang sudah reservasi akan dijadwalkan untuk kegiatan hari berikutnya,” tandas dia.

Advertisement
Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler