fbpx
Connect with us

Pariwisata

Ribuan Pengunjung Mulai Serbu Obyek Wisata Pantai Gunungkidul

Diterbitkan

pada tanggal

Wonosari,(pidjar.com)–Empat obyek wisata di Kabupaten Gunungkidul sejak beberapa hari lalu telah melakukan tahap uji coba menerima wisatawan. Sejak kemarin, jumlah kunjungan terus mengalami peningkatan. Petugas dari pemerintah maupun instansi lainnya terus berjaga di pos-pos yang telah disediakan untuk melakukan pengecekan dan pengawasan kepada para wisatawan.

Kepala Seksi Objek dan Daya Tarik, Bidang Pengembangan Destinasi, Dinas Pariwisata Gunungkidul, Aris Sugiyantoro mengatakan Minggu (28/06/2020) ini jumlah pengunjung di pantai mengalami peningkatan dibandingkan dengan beberapa hari lalu. Hari ini, estimasi kunjungan wisatawan yang masuk ke Pantai Baron dan Kukup mencapai 5.000 orang.

Perkiraan ini muncul dilihat dari situasi di TPR utama dan TPR JJLS, dimana sejak pagi sampai dengan siang ini kendaraan yang membawa wisatawan masih terus ramai. Dimungkinkan hingga sore nanti jumlah wistawan masih akan terus bertambah.

“Kemungkinan dari pagi ini saja bisa mencapai 5 ribuan pengunjung, mudah-mudahan saja bertambah,” kata Aris Sugiyantoro, Minggu siang.

Menurutnya, hari pertama dan kedua kunjungan wisatawan rata-rata di bawah 1.000 pengunjung. Kemudian untuk hari Jumat ada penurunan sedikit, dan hari Sabtu kembali mengalami peningkatan. Seperti di kondisi normal, Sabtu dan Minggu memang jumlah kunjungan wisatawan cukup mendominasi.

Berita Lainnya  Tak Mau Kehilangan Moment, Pemilik Spot Selfie Terus Bernovasi Demi Tarik Minat Wisatawan

Bedasarkan data yang terlaporkan kemarin, TPR Baron ada 1.320 pengunjung dan di TPR JJLS mencapai 910 pengunjung. Sementara untuk destinasi wisata lainnya jumlah kunjungan masih belum nentu.

“Untuk Kali Suci baru kemarin ada pengunjung masuk beberapa orang. Hari sebelum-sebelumnya belum ada kunjungan,” tambah dia.

Sementara untuk obyek wisata di Nglanggeran, Patuk sejak dibuka Rabu lalu jumlah kunjungan per hari rata-rata mencapai 100 orang. Dengan ujicoba yang diterapkan ini, pemerintah nantinya akan melakukan evaluasi untuk mematangkan kembali SOP yang diterapkan.

Disinggung mengenai pantai di sebelah timur yang masih ditutup, Aris mengungkapkan jika dari Dispar bersama TNI Polres dan Dishub membuat pos pantau. Di lapangan memang masih ditemui pengunjung yang bermaksud untuk berkunjung ke pantai timur namun kemudian diberi edukasi oleh petugas.

Berita Lainnya  Pariwisata Gunungkidul Berangsur-angsur Mulai Pulih Pasca Bencana

“Diedukasi oleh petugas yang jaga. Beberapa pantai timur kan juga masih diportal oleh warga lokal,” jelasnya.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Pariwisata Gunungkidul, Harry Sukmono mengatakan pihaknya terus melakukan pemantauan kunjungan wisatawan. Pengawasan juga dilakukan, agar pengunjung mematuhi protokol kesehatan yang dianjurkan oleh pemerintah.

“Berjalan dengan baik. Petugas yang disiapkan juga melakukan pendekatan kepada wisatawan untuk mematuhi protokol kesehatan. Menggunakan masker, cuci tangan dan tentunya jaga jarak sangat penting,” sambung Harry.

Terpisah, Sekretaris Pokdarwis Nglanggeran, Sugeng Handoko mengungkapkan pengunjung yang masuk ke Gunung Api Purba Nglanggeran dan Embung Nglanggeran dilakukan pembatasan sekitar 500 pengunjung saja. Untuk saat ini, wisatawan yang masuk diharapkan melakukan reservasi terlebih dahulu.

“Saat masuk pun juga diingatkan mengenai protokol kesehatan,” ujar dia.

 

Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler