fbpx
Connect with us

Pemerintahan

Banyak LPJU Tak Berfungsi, Dinas Janji Selesaikan Sebelum Libur Nataru

Diterbitkan

pada tanggal

Wonosari,(pidjar.com)–Permasalahan terkait perbaikan dan perawatan lampu penerangan jalan umum (LPJU) di jalanan di Gunungkidul terjadi setiap memasuki musim arus padat kendaraan seperti mudik lebaran serta libur natal tahun baru. Saat ini, terpantau cukup banyak LPJU yang mati dan tak berfungsi. Status lampu yang berada di jalan provinsi menjadi kendala Dinas Perhubungan Gunungkidul untuk melakukan perawatan.

Kabid Penerangan Jalan Umum (PJU) dan Perparkiran Dishub Gunungkidul, Ely Siswanta mengakui perihal terus adanya temuan LPJU yang tidak berfungsi di jalanan yang ada di Gunungkidul. Baik di jalan kabupaten, provinsi maupun nasional. Jelang masa libur Natal dan Tahun Baru 2020 (Nataru) ini, pihaknya akan bekerja keras agar masalah ini bisa terselesaikan dengan baik.

“Jelang libur natal dan tahun baru, sebagian sudah dicicil untuk diperbaiki, nanti sambil jalan. Di jalan kabupaten untuk lokasi yang di perkotaan sudah kita lakukan perbaikan semua,” ujarnya, Selasa (10/12/2019).

Ia mengungkapkan seluruh temuan LPJU tak berfungsi maksimal sudah disampaikan langsung kepada pihak terkait. Namun hingga saat ini, seluruh temuan tersebut belum bisa direalisasikan dengan perbaikan. Pihaknya pun juga sudah langsung menemui bidang yang melayani LPJU tersebut.

Berita Lainnya  Gaji ASN Dipastikan Naik Januari Tahun Depan, Nasib THL Masih Belum Jelas

“Setiap ada kerusakan kita sampaikan ke dinas terkait, sebagian sudah ditindaklanjuti, (sebagian belum) karena katanya juga belum siap materialnya,” ujarnya.

Dishub berharap saat libur Nataru tiba, persoalan LPJU yang belum rampung ini bisa rampung. Sehingga nantinya, dengan penerangan yang baik, akan memberikan kenyamanan serta keamanan bagi pengguna jalan yang melintas di Gunungkidul.

“Harapannya kalau Nataru semua LPJU bisa nyala, tapi kalau jalan kabupaten kita usahakan semua bisa tertangani,” kata dia.

Kendati demikian, hal yang selalu menjadi kendala adalah terkait dengan status jalan dimana LPJU berada. Pihaknya saat ini masih menunggu instruksi dari Pemda DIY dan Kementerian Perhubungan dalam hal ini Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Semarang, Jawa Tengah, dalam melakukan perbaikan lampu penerangan jalan umum (LPJU) yang ada di jalan Provinsi dan Nasional. Ia mengungkapkan bahwa sesuai aturan, setiap LPJU memiliki kewenangan masing-masing.

Berita Lainnya  Pembangunan Jalan Gunungkidul-Sleman Tahap II, Jalur di Ngalang Hingga Tawang Mulai Dibebaskan

“Untuk kami (Dishub Kabupaten) hanya memiliki kewenangan di jalanan kabupaten, LPJU Provinsi ada di tangan Pemda DIY dan LPJU nasional ada ditangan Kemenhub atau BPTD Semarang,” kata Ely.

Namun demikian, pihaknya akan turut aktif dan terus melakukan pemantauan di lapangan, sebab semua LPJU berada di wilayah satuan kerja mereka. Pihaknya juga mengaku siap jika dari pihak pusat meminta bantuan kepada kabupaten dalam hal ini Dishub Gunungkidul.

“Kalau memerlukan bantuan, kami siap menindaklanjuti (kerusakan). Memang kita lakukan sesuai kewenangan (LPJU jalan kabupaten) tetapi kami siap juga membantu (LPJU Provinsi dan Nasional),” urai dia.

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan
Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler