fbpx
Connect with us

Pendidikan

Belum Ada Keputusan Penundaan, UNBK SMA Tetap Dilaksanakan Sesuai Jadwal

Published

on

Wonosari,(pidjar.com)–Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) SMA dipastikan tetap akan dilaksanakan sesuai jadwal. Ribuan siswa SMA di Gunungkidul akan mengikuti ujian ini pada pekan depan.

Kepala Balai Pendidikan Menengah (Dikmen) Gunungkidul, Sangkin mengatakan, hingga kini pihaknya masih belum mendapatkan informasi penundaan berkaitan dengan pelaksanaan UNBK SMA. Ia memastikan bahwa nantinya untuk perkembangan kebijakan, pihaknya akan terus memantau imbauan dari Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga (Disdikpora) DIY.

“Imbauan dari Dikpora tertuang dalam Surat Edaran yang sudah diterbitkan pada 20 Maret 2020 lalu,” jelas Sangkin, Senin (23/03/2020).

Menurutnya, berdasarkan Surat Edaran yang ditandatangani oleh Plt Kepala Disdikpora DIY Bambang Wisnu Handoyo ini, disampaikan bahwa UNBK SMA tetap dilaksanakan sesuai jadwal. Adapun pelaksanaan sendiri menyesuaikan Prosedur Operasional Standar (POS) yang dikeluarkan Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP).

Berita Lainnya  Jumlah Lulusan SD Jauh Lebih Sedikit, 5 SMP dan MTs Sampai Tak Dapat Siswa Baru

“Jadi tetap berlangsung pada 30 Maret hingga 2 April 2020. Selama 4 hari pelaksanaan tersebut, ujian akan dilaksanakan sebanyak sesi sesi per harinya,” ujar dia.

Pada pekan lalu, UNBK SMK telah dilaksanakan di tengah kekhawatiran terkait penyebaran COVID-19. Meskipun demikian, pihak sekolah diminta untuk melakukan sterilisasi seluruh peralatan yang digunakan.

Dalam pelaksanaan UNBK SMA ini, Sangkin meminta pihak sekolah terus mematuhi protokoler pendidikan. Salah satunya dengan menyediakan fasilitas cuci tangan yang bisa digunakan peserta ujian saat sebelum dan sesudah melaksanakan ujian. Kemudian untuk peralatan UNBK juga harus dipastikan steril.

“Pelajar juga kami imbau melakukan proteksi diri dengan menjaga pola hidup sehat dan bersih,” tandasnya.

Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler