fbpx
Connect with us

Budaya

Dalang Ki Seno Tutup Usia

Published

on

Yogyakarta,(pidjar.com)–Dalang kondang Ki Seno Nugroho berpulang, Selasa (03/11/2020) malam. Kabar duka ini menjadi duka bagi para pegiat kesenian tradisi khususnya penggemar dalang muda itu.

Kabar tutup usianya Ki Seno ini dibenarkan oleh salah satu sinden, Ayu Purwa Lestari. Ia menjelaskan bahwa kabar tersebut diterima melalui pesan di whatsapps sekitar pukul 22.00 WIB malam tadi.

Benar mas, saya dengar kabar itu sekitar jam 10an,” kata Ayu melalui pesan singkat, Rabu (04/11/2020) pagi.

Kendati demikian, ia belum mengetahui secara pasti penyebab meninggalnya dalan Ki Seno Nugroho. Berpulangnya Ki Seno juga dibenarkan sinden lainnya yaitu Oriza. Padahal, menurutnya pada siang harinya Ki Seno masih bercanda di grup Whatsapp.

Berita Lainnya  Ngebut Tengah Malam, 2 Pemotor Luka Akibat Nyemplung Selokan

Leres niki kulo di jalan mau OTW Sedayu (rumah duka),” kata Oriza dihubungi wartawan.

“Penyebab belum tahu. Di grup (WA) tadi siang masih gojekan (bercanda),” katanya.

Sementara itu, Persatuan Dalang Indonesia (Pepadi) Gunungkidul, Heri Nugroho mengatakan bahwa dalang Ki Seno Nugroho merupakan dalang muda yang mampu diterima semua kalangan. Ia mampu menggelar wayang sehingga menarik dan disukai banyak orang. Menurutnya, saat ini beberapa teman seniman sudah melayat ke rumah duka.

Atas nama Pepadi Gunungkidul ikut berbelasungkawa, mugi husnul khotimah, amin,” kata Heri.

Senada dengan Heri, Ketua Dewan Budaya Gunungkidul, CB Supriyanto juga merasa terpukul dengan kabar duka dari Ki Seno. Di mata CB Supriyanto, Ki Seno merupakan sosok yang supel, tidak sombong namun sangat disegani.

Tentu kami merasa kehilangan tokoh muda hebat dan penuh inovasi, kami turut berbelasungkawa,” tutup CB Supriyanto.

Advertisement
Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler