fbpx
Connect with us

Pemerintahan

Dana Sempat Dipangkas 2 Miliar, Pembangunan Pasar Karangijo Dimulai

Published

on

Wonosari,(pidjar.com)–Tahun 2019 ini pemerintah Kabupaten Gunungkidul kembali akan melakukan pembangunan pasar guna memberikan fasilitas yang lebih nyaman kembali bagi masyarakat. Salah satu pasar yang akan dilakukan pembangunan adalah Pasar Karangijo yang berada di Kecamatan Ponjong. Dana miliaran rupiah telah disiapkan oleh pemerintah pusat untuk pembangunan Pasar Karangijo.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Gunungkidul, Johan Eko Sudarto mengatakan, rencananya pembangunan akan dilakukan dalam waktu dekat. Beberapa waktu lalu telah dilakukan pembahasan mengenai penyempurnaan DED yang akan digunakan sebagai acuan pembangunan. Dana senilai 4 miliar rupiah telah disiapkan untuk pembangunan Pasar Karangijo. Sebenarnya pada rencana awal dana yang disiapkan yakni sebesar 6 miliar, namun lantaran adanya penyusutan dan berbagai pertimbangan maka dari kementerian hanya menyetujui pembangunan menggunakan anggaran 4 miliar.

Berita Lainnya  Fenomena Kemunculan Ular, Dinas Pastikan Seluruh Puskesmas Sudah Miliki SABU

“DED sudah disempurnakan, beberapa waktu lalu sudah ada rekonsiliasi dengan sejumlah instansi terkait,” kata Johan, Minggu (21/04/2019).

Adapun secara menyeluruh dana bersumber dari dana ketugasan yang disalurlan oleh Kementerian Perdagangan Republik Indonesia. Sejauh ini dari Pemerintah Kabupaten Gunungkidul masih harus menunggu kebijakan yang berlaku, nantinya kebijakan tersebut akan digunakan menjadi acuan pembangunan. Sembari menunggu, beberapa langkah persiapan tentunya telah dilakukan oleh Pemkab Gunungkidul, mulai dari sosialisasi hingga beberapa hal lainnya.

“Harapan tentu pembangunan bisa dilakukan mulai 2019 ini,” tambah dia.

Pembangunan Pasar Karangijo dengan menggunakan dana miliaran rupiah ini nantinya akan menyasar pada penyempurnaan los pasar di bagian tengah. Sehingga nantinya aktivitas jual beli yang dilakukan jauh lebih nyaman kembali. Kemudian pembangunan beberapa kamar mandi sebagai fasilitas penunjang. Penambahan kios pun juga akan dilakukan agar para pedagang lebih mendapatkan tempat yang layak.

Berita Lainnya  Penataan 3 Pantai Terus Dikebut Pemerintah

Sehingga aktivitas perdagangan lebih tertata dan rapi, mengingat Pasar Karangijo merupakan tempat mengais rejeki bagi para pedagang. Aktivitasnya pun juga tak pernah sepi, dengan adanya pembangunan ini diharapkan pasar jauh lebih hidup kembali. Di sisi lain perputaran uang jauh lebih dapat dirasakan oleh masyarakat dan pedagang.

Tak henti-hentinya pemkab melalui dinas terkait selalu menyerukan terhadap masyarakat untuk berbelanja di pasar tradisional. Selain menghidupkan aset yang dimiliki, harga di pasar pun jauh lebih terjangkau. Ada banyak sisi positif yang bisa didapat saat berbelanja dipasar, meski pasar modern atau toko mulai bermunculan menghidupkan kembali pasar tradisional juga sangat diperlukan.

Advertisement
Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler