fbpx
Connect with us

Pemerintahan

Data Penerima Divalidasi Pemerintah Pusat, Pencairan Bantuan Sosial Ditunda

Published

on

Wonosari,(pidjar.com)–Penyaluran bantuan sosial tunai dari pemerintah untuk periode bulan Maret 2021 ini terpaksa harus ditunda pencairannya. Hal ini sesuai dengan tindaklanjut dari Surat Direktur Penanganan Fakir Miskin Wilayah II Kementerian Sosial. Pencairan bantuan sendiri menunggu proses penyelesaian validasi data penerimaan bantuan yang bersumber dari Kementerian Sosial.

Kepala Bidang Kesejahteraan Sosial, Dinas Sosial Kabupaten Gunungkidul, Hadi Hendro Prayogo mengungkapkan, menyikapi adanya kepastian penundaan ini, Dinas Sosial Gunungkidul kemudian mengeluarkan surat edaran. Pihaknya meminta para pendamping untuk menginformasikan kepada pemerintah-pemerintah kalurahan yang ada terkait dengan penundaan tersebut.

“Harusnya memang bulan Maret ini sudah penyaluran bantuan. Tapi karena ada validasi data NIK dan nama KTP sehingga belum bisa disalurkan,” ucap Hendro, Rabu (17/03/2021) siang.

Selain menginformasikan ke para Keluarga Penerima Manfaat (KPM), Dinas Sosial juga meminta pendamping dan pihak Kalurahan untuk menginformasikan penundaan ini kepada agen e-warung agar tidak menyiapkan bahan pokok yang biasa diambil oleh KPM.

“Belum tahu akan terealisasi kapan untuk pencairan bantuan, kami masih menunggu kebijakan dari pusat,” jelas Hendro.

Disinggung mengenai jumlah penerima bantuan di Gunungkidul, Hendro mengatakan, saat ini ada 87.987 KPM penerima bantuan sembako (BPNT), kemudian ada 35.402 KPM penerima BST, dan 55.515 KPM penerima PKH. Selama ini, data di Kabupaten Gunungkidul selalu dinamis terkait dengan perubahan penerima bantuan. Hal ini karena dari KPM yang telah terdaftar ada yang pindah, meninggal dunia, ataupun statusnya berubah.

“Kalau penambahan khusus tidak ada,” tutupnya.

Advertisement
Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler