fbpx
Connect with us

Pemerintahan

Dinas Kesehatan Kampanyekan Pesantren Sehat

Diterbitkan

pada

Wonosari,(pidjar.com)–Dinas Kesehatan Kabupaten Gunungkidul bersama dengan Kementerian Agama Kabupaten Gunungkidul melauncing program Kampanye Pesantren Sehat. Hal ini dimaksudkan agar menciptakan pola hidup sehat di lingkungan Pesantren, sehingga warga pesantren terbebas dari jenis penyakit menular dan lainnya.

Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat, Dinas Kesehatan Kabupaten Gunungkidul, Kartini, mengatakan Gunungkidul merupakan daerah yang perkembangan pembangunan pesantrennya sangat pesat. Banyak sekali pondok pesantren di daerah ini, untuk itu Dinas Kesehatan bekerjasama dengan lembaga ini untuk mengkamanyekan Pesantren Sehat.

“Dari kampanye ini harapannya terbentuk pos kesehatan pesantren yang memiliki tujuan sebagai upaya kesehatan berbasis masyarakat di lingkungan pondok pesantren,” terang Kartini.

“Jadi kegiatannya ini untuk memberikan edukasi tentang kesehatan, dengan begitu warga ponpes bisa melakukan upayan promotif, preventid kuratif dan rehabilitatif jika terjadi penularan penyakit,”imbuhnya.

Warga ponpes sendiri selama ini memang sangat rentsr terpapar penyakit terlebih penyakit menular. Misalnya saja penyakit ispa yang menyerang pernafasan, kemudian penyakit kulit yang mayoritas diderita oleh para santri, dan yang saat ini harus diwaspadai adalah covid19.

Berita Lainnya  Panewu dan Jajarannya Positif Covid19, Kantor Kapenewon Semin Dilockdown

“Pada kampanye Pesantren Sehat ini kita hadirkan dari ponpes, Kemenang dan Puskesmas. Dengan begitu nanti pemantauan kesehatan lebih ketat lagi terlebih pada situasi dan kondisi sekarang,” papar Kartini.

Pondok pesantren sendiri juga harus memiliki komitmen yang kuat dalam penerapan pola hidup yang sehat. Kebersihan lingkungan dan sarana prasarana pun harus terpenuhi dengan baik.

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler