fbpx
Connect with us

Pemerintahan

Ribuan Petani Tembakau Gunungkidul Akan Terima Bantuan Langsung Tunai

Diterbitkan

pada

BDG

Wonosari,(pidjar.com)– Dinas Sosial dan Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dalam waktu dekat ini akan menyalurkan bantuan langsung tunai (BLT) Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) 2023. Ribuan petani tembakau di Kabupaten Gunungkidul akan mendapatkan bantuan tersebut.

Kepala Dinas Sosial dan Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Gunungkidul, Asti Wijayanti mengatakan, minggu depan pihaknya akan menyalurkan BLT DBHCHT kepada para petani tembakau, adapun nantinya masing-masing dari mereka akan mendapatkan uang sebesar Rp 600 ribu. Bantuan tersebut merupakan bentuk upaya untuk memberikan kesejahteraan bagi para petani tembakau.

“Ada 1.027 penerima bantuan (petani),” kata Asti Wijayanti, Jumat (24/11/2023).

Lebih lanjut Asti mengatakan, sejak beberapa waktu lalu pihaknya melakukan validasi data berkaitan dengan penerima bantuan ini. Hal itu dimaksudkan agar benar-benar tepat sasaran.

Di Kabupaten Gunungkidul sendiri ada beberapa wilayah yang petaninya mengembangkan tembakau. Selama ini, lahan-lahan milik mereka ditanami tembakau berbagai jenis untuk memenuhi permintaan dari pengepul maupun perusahaan. Bantuan ini nantinya akan diserahkan pada pekan depan.

Berita Lainnya  Skema Penyelamatan UKM Yang Lesu di Masa Pandemi

“Ada petani di beberapa kapanewon. Gunungkidul kan hanya beberapa wilayah saja yang mengembangkan tembakau,” sambung Kepala Bidang Penanganan Fakir Miskin, Dinas Sosial dan PPPA Gunungkidul, Giyanto.

“Rencananya akan kami salurkan pada 28 November mendatang di Grogol, Kapanewon Paliyan. Kami kerjasama dengan Bank Daerah Gunungkidul (BDG) untuk pencairannya,” sambung dia.

Selain BLT DBHCHT, pemerintah juga akan menyalurkan beberapa bantuan yang telah rutin diberikan kepada warga Gunungkidul, seperti misalnya PKH dan lain sebagainya. Disinggung mengenai BLT dampak El-Nino, Giyanto mengatakan bila hingga saat ini belum ada informasi lebih lanjut dari kementerian berkaitan dengan program tersebut.

“Kalau untuk BLT El-Nino belum ada informasi dan arahan lebih lanjut. Kami juga masih menunggu,” tutup dia.

Sementara itu, Direktur Bisnis PT BPR Bank Daerah Gunungkidul, Suci Sulistyawsti mengatakan, pihaknya siap membantu Pemkab Gunungkidul untuk penyaluran bantuan tersebut. Adapun koordinasi dengan Dinsos PPPA sendiri telah dilakukan berkaitan dengan besaran bantuan hingga teknis penyerahan atau penyaluran uang tunai tersebut.

Berita Lainnya  Gedung Segera Dihancurkan, Anggota DPRD Gunungkidul Siap-siap Pindahan

“Untuk datanya kami terima dari Dinsos. Kami membantu penyalurannya,” ucap Suci.

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler