fbpx
Connect with us

Info Ringan

Empat Tanda Seseorang Mengalami Gangguan Psikologis

Diterbitkan

pada tanggal

Jogja,(pidjar.com)–Kita tentu tidak ingin orang-orang dekat atau keluarga kita mengalami gangguan psikologis karena ketahanan diri atau resiliensi terhadap guncangan hidupnya kurang kuat. Berbagai teori menyebutkan bahwa salah satu cara membangun ketahanan diri terhadap guncangan hidup adalah dengan membangun kedekatan dan komunikasi yang manusiawi agar tercipta dukungan kolektif yang dapat mencegah seseorang merasa ditinggalkan, tidak dipedulikan atau sedih berkepanjangan saat mengalami permasalahan atau halangan hidup yang cukup berat.

Meski demikian, tidak sedikit juga yang sampai harus mengalami kondisi di mana orang-orang terdekatnya mengalami gangguan psikologis. Maka kepekaan untuk mendeteksi hadirnya gangguan tersebut dalam diri seorang anggota keluarga menjadi sangat penting. Dari deteksi dini tersebut kita bisa kemudian mengambil langkah yang dibutuhkan untuk membantunya

Berikut beberapa hal yang menjadi penanda bahwa seseorang sedang mengalami tekanan psikologis berat yang bisa kita amati secara mudah.

1. Menjadi Lebih Pendiam atau Menarik Diri

Orang yang sedang mengalami permasalahan berat yang berlarut-larut dan menekan dirinya biasanya cenderung menjadi lebih pendiam atau tidak merasakan kenikmatan dalam berinteraksi dengan orang lain. Hal ini karena pikiran mereka selalu terfokus pada permasalahan yang dihadapi atau bahkan telah mencapai level di mana mereka sendiri merasa kesulitan menerima apa yang mereka alami atau rasakan. Dalam beberapa kasus, bahkan ada yang sampai merasa dirinya tidak berguna lagi.
Jika anda menemui salah satu orang dekat anda yang sebelumnya adalah seorang yang sangat sosial dan banyak berinteraksi dengan orang lain lalu kemudian nampak tidak menikmati aktivitas tersebut atau bahkan lebih banyak menyendiri, dan ini bukan karena dia sedang sibuk mengerjakan sesuatu, sangat mungkin dia mengalami permasalahan yang mengganggu kestabilan hormonnya dan membuatnya merasa tidak tertarik berinteraksi dengan orang lain.

Berita Lainnya  Enam  Menu yang Sebaiknya Dihindari Saat Haid

2. Kehilangan Minat Terhadap Hobi atau Kebiasaan

Hobi merupakan sesuatu yang dilakukan seseorang karena mereka menyukainya. Tidak ada hobi yang bertujuan untuk membuat orang yang melakukannya menjadi merasa sedih atau marah atau kecewa. Itu bukan hobi namanya, tapi masalah.
Maka ketika seseorang tiba-tiba menjadi tidak tertarik lagi terhadap hobi yang secara berkala sering dilakukannya, bisa jadi orang tersebut sedang mengalami gangguan psikologis. Bahkan jikapun dia masih melakukan hobinya tersebut namun terlihat tidak seantusias sebelumnya, dan itu terjadi berulang-ulang, itu juga merupakan sebuah tanda yang patut diperhatikan.
Jadi jika ada orang di dekat anda yang sebelumnya hobi menonton film atau berolah raga tiba-tiba mengurangi intensitas hobinya, terlihat tidak menikmati hobinya atau bahkan berhenti melakukannya sama sekali, tanpa sebab yang jelas, pastikan bahwa anda akan selalu berada di dekatnya agar dia tidak merasa sendirian.

3. Kurang Nafsu Makan atau Makan Terlalu Banyak

Kita bisa melihat kondisi kesehatan psikologis seseorang dari gaya makan, antara lain dari frekuensi makan dan volume makanan yang dikonsumsinya. Seseorang yang sedang mengalami gangguan psikologis akan juga mengalami perubahan hormon yang mempengaruhi selera makan mereka. Dampaknya, mereka bisa kehilangan nafsu makan atau sebaliknya, makan terlalu banyak atau terlalu sering.

Berita Lainnya  Lima  Tips Mengatasi Alergi Saat Cuaca Hujan

Hal ini bisa berpengaruh terhadap kondisi kesehatan mereka. Jika makan terlalu banyak, akan membuat berat badannya naik dan jika tidak bernafsu makan akan membuat mereka kehilangan berat badan. Keduanya tentu tidak memiliki potensi kesehatan yang baik. Jika anda menemui orang dekat dengan gejala seperti ini secara berkelanjutan, artinya dia membutuhkan perhatian psikologis yang lebih besar ketimbang sebelumnya.

4. Menjadi Mudah Berubah Mood

Indikasi paling mudah dideteksi dari orang yang sedang mengalami gangguan psikologis biasanya dapat dilihat dari perubahan mood. Jika sebelumnya dia tergolong orang yang stabil, tidak terlalu sering berubah mood atau bereaksi normal terhadap berbagai situasi, namun tiba-tiba menjadi lebih sensitif dan bisa berubah mood dalam waktu singkat, itu merupakan tanda bahwa sedang terjadi ketidakseimbangan hormon dalam dirinya.

Akan nampak jelas terlihat misalnya seseorang yang sebelumnya ceria dan bersemangat tiba-tiba menjadi mudah marah atau kesal terhadap hal-hal yang sebelumnya direspon secara normal oleh dirinya. Jika anda menemui gejala ini muncul dalam diri orang di sekitar anda, artinya dia sedang membutuhkan perhatian lebih dari anda, meski dia tidak mengucapkannya.

Demikian informasi tentang 4 Tanda atau Gelagat Orang Dekat Kita Mengalami Gangguan Psikologis. Semoga sekelumit informasi ini dapat memperkaya pengetahuan kita bersama.

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler