fbpx
Connect with us

Info Ringan

Empat Tips Menjalani Puasa Saat Sedang Flu

Published

on

Jogja,(pidjar.com)–Batuk dan flu biasanya disebabkan oleh infeksi virus yang melemahkan pertahanan tubuh Anda. Pada saat-saat inilah, Anda perlu meningkatkan kembali daya tahan tubuh dengan mengonsumsi berbagai makanan sehat dan bergizi. Namun, bagaimana caranya bila Anda sedang berpuasa? Eits, jangan salah. Para peneliti justru percaya bahwa puasa dapat meningkatkan daya tahan tubuh, lho. Ketika tubuh tidak memiliki cadangan energi glukosa lagi, ia mulai menggunakan asam amino dan lemak sebagai sumber energi. Menggunakan lemak sebagai bahan bakar menyebabkan tubuh memproduksi keton. Jenis keton tertentu, seperti beta-hydroxybutyrate (BHB) dapat bermanfaat bagi sistem kekebalan tubuh. Penelitian lain juga menunjukkan bahwa puasa memungkinkan tubuh untuk meregenerasi sel kekebalan yang sehat. Jadi, Anda enggak perlu khawatir bila puasa dapat memperburuk batuk dan flu yang Anda alami. Justru dengan berpuasa, sistem kekebalan tubuh dapat meningkat sehingga Anda dapat lebih cepat sembuh. Berikut ini tips-tips yang bisa Anda lakukan untuk meredakan gejala batuk dan flu, sehingga Anda tetap dapat menjalankan ibadah puasa dengan baik.

Berita Lainnya  Mengenal Penyakit Irritable Bowel Syndrome yang Menyerang Pencernaan

Konsumsi Makanan Bergizi Tinggi Saat Sahur dan Berbuka

Saat batuk dan flu, konsumsilah makanan bergizi tinggi yang dapat membantu Anda lebih cepat sembuh, seperti buah-buahan dan sayuran yang kaya akan antioksidan dan vitamin. Terutama vitamin C yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda. Vitamin C bisa Anda dapatkan dengan mengonsumsi buah-buahan, seperti jeruk, mangga, dan pepaya.

Selain itu, beberapa jenis makanan lain yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, sehingga mempercepat pemulihan penyakit, antara lain sumber probiotik, seperti yoghurt, bawang putih yang memiliki sifat antimikroba, dan makanan anti-inflamasi, misalnya jahe dan kunyit.

Perbanyak Asupan Cairan

Sangat penting untuk memperbanyak asupan cairan saat sedang sakit agar tubuh tetap terhidrasi dengan baik. Selain itu, minum air putih yang cukup juga dapat membuat lendir lebih encer, sehingga lebih mudah dikeluarkan. Selain air putih, Anda juga bisa meminum minuman hangat, seperti sup atau kaldu saat berbuka puasa atau sahur, yang dapat membantu menghangatkan tubuh sekaligus meredakan hidung yang tersumbat.

Berita Lainnya  Enam Tips Membersihkan Ikan Agar Tidak Amis

Minum Obat

Bila perlu, Anda juga bisa mengonsumsi obat saat sahur atau berbuka untuk meredakan gejala batuk dan flu yang mengganggu. Ingat, minumlah obat sesuai anjuran dosis yang tertera pada kemasan.

Banyak Beristirahat

Tidur atau istirahat yang cukup juga sangat penting saat sedang batuk dan flu, karena dapat membantu memberi tubuh energi yang dibutuhkan untuk melawan infeksi. Saat tidurlah, sistem kekebalan tubuh dapat bekerja dengan maksimal untuk melawan infeksi dalam tubuh.

 

Advertisement
Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler