fbpx
Connect with us

Info Ringan

Enam Alasan Baik Untuk Mengurangi Konsumsi Nasi Putih

Published

on

Jogja,(pidjar.com)--Mengurangi mengkonsumsi nasi putih ternyata bisa membantu sistem pencernaan menjadi lebih lancar serta mengurangi resiko konstipasi yang bisa menimbulkan dampak negatif bagi tubuh. Hal ini karena nasi putih sejatinya mengandung serat yang sangat sedikit, sehingga pencernaan tidak dapat membantu kinerja pencernaan. Dan jika tubuh kekurangan serat maka akan menimbulkan masalah lainnya juga selain sembelit. Selain alasan tersebut, ada enam alasan lain di mana mengurangi mengkonsumsi nasi putih memiliki alasan yang baik. Dilansir dari foodasia.com, berikut enam alasannya!

Mengurangi Resiko Penyakit Jantung

Mengkonsumsi nasi putih secara konsisten ternyata memiliki beberapa efek negatif bagi tubuh, selain meningkatkan resiko penyakit diabetes karena kadar gulanya cukup tinggi. Ternyata hal tersebut juga bisa mempengaruhi kinerja jantung dalam metabolisme tubuh. Ini tak lain karena konsumsi nasi putih dapat menyebabkan kelebihan berat badan yang memicu terjadinya obesitas. Karenanya dengan tidak makan nasi putih ini sama artinya dengan mengurangi resiko terserang penyakit jantung.

Menurunkan Resiko Obesitas

Selain bagus untuk membantu diet menurunkan berat badan, tidak makan nasi juga akan membuat tubuh terhindar dari bahaya obesitas. Karbohidrat dalam nasi putih yang masuk dalam tubuh akan diubah menjadi energi, tapi jika tidak digunakan maka akan disimpan dalam tubuh dalam bemtuk lemak. Dan bila seseorang yang kurang aktifitas dan gerak mengkonsumsi nasi putih secara terus – menerus maka ia pasti akan mengalami kelebihan berat badan.

Lebih Sehat

Menurut penelitian yang dilakukan pada seseorang yang mengurangi konsumsi nasi putih, ditemukan bahwa kondisi tubuhnya menjadi lebih sehat. Pencernaannya menjadi lebih lancar dan indeks glikemiknya pun menjadi lebih stabil. Meski pun demikian banyak anggapan yang sudah kadung melekat dalam pemikiran masyarakat luas kalau tidak makan nasi namanya belum makan. Dan jika tidak dapat lepas dari makan nasi, maka lebih baik untuk mengurangi porsinya.

Membuat Sistem Pencernaan Lebih Lancar

Seseorang yang cenderung lebih suka mengkonsumsi nasi putih cenderung lebih beresiko mengalami gangguan pencernaan. Dengan tidak makan nasi sistem pencernaan akan menjadi jauh lebih lancar, ini karena tubuh tak perlu mencerna karbohidrat sederhana dalam nasi putih secara terus – menerus. Selain itu kandungan sari pati dari nasi putih juga memiliki dampak yang tidak sehat bagi tubuh jika dikonsumsi dalam jangka waktu yang panjang.

Mengurangi Berat Badan

Jika ingin berat badan berkurang secara cepat makan hindari konsumsi nasi putih, baik bertahap atau secara langsung. Ini karena karbohidrat dalam nasi putih yang cukup tinggi akan disimpan dalam tubuh dalam bentuk lemak yang tak hanya membuat tubuh menjadi kelebihan berat badan tapi juga berpotensi obesitas. Karenanya jika ingin memiliki tubhh yang langsing dan terbebas dari berat badan berlebih maka kurangilah asupan nasi putih.

Menekan Diabetes Tipe 2

Dengan tidak makan nasi putih, maka secara tidak langsung dapat mengurangi tingkat resiko terkena penyakit diabetes tipe 2, yang terjadi karena adanya kerusakan pada sel reseptor insulin. Ini tak lain karena nasi putih yang tinggi indeks glikemiknya mampu meningkatkan kadar gula dalam darah sehingga terjadi kekacauan dalam sel tubuh sebagai respon dari kondisi tersebut. Selain itu mineral magnesium yang memiliki potensi untuk menghindarkan diabetes tipe 2 dalam nasi putih terbilang sangat minim.

Advertisement
Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler