fbpx
Connect with us

Info Ringan

Enam Kandungan Baik dalam Tanaman Kecubung

Published

on

Jogja,(pidjar.com)–Pohon Kecubung biasa tumbuh di wilayah yang beriklim tropis, yaitu di dataran rendah hingga ketinggian 800 meter di atas permukaan laut. Jenis pohon ini memang bisa dengan mudah ditemukan di seluruh wilayah yang ada di dunia seperti wilayah Asia Selatan dan Tenggara, India, Sri Lanka, Indonesia dan Benua Amerika. Kandungan yang terdapat dari pohon kecubung memang sangat beragam dan memiliki banyak fungsi. Mulai dari akar, tangkai, daun, bunga, buah, hingga bijinya. Beberapa kandungan tersebut diantaranya adalah:

Alkaloid

Hampir seluruh bagian dari tumbuhan ini mengandung alkaloid. Hanya saja alkaloid yang cukup tinggi terdapat pada bagian akar dan bijinya. Jenis alkaloid yang terdapat dalam bunga kecubung adalah alkaloid tropan seperti hyoscyaminen, hyoscine, dan atropine, yaitu zat psikoaktif yang dapat mempengaruhi mental seseorang.

Berita Lainnya  Lima Langkah Mengatasi Rambut Bercabang

Hipociamin dan Skopolamin

Hipociamin dan Skopolamin adalah senyawa bersifat antikholinergik, yang sering dimanfaatkan untuk meredakan penyakit pada penderita asma dan bronkitis.

Asetilkolin

Efek yang ditimbulkan oleh senyawa ini memang cukup berbahaya karena dapat menyebabkan seseorang kehilangan kesadaran secara penuh. Senyawa ini sendiri bekerja pada saraf parasimpatis, yakni saraf yang memiliki efek relaksasi tubuh dan melemaskan otot. Efek inilah sering dimanfaatkan untuk anestesi atau pembius pasien di rumah sakit.

Skopolamin dan Antropine

Senyawa yang bersifat antimuskarinik yang memiliki efek bervariasi terhadap sistem kardiovaskuler tergantung dosis yang digunakan dalam tubuh. Sama seperti senyawa lainnya. Senyawa ini juga cukup berbahaya karena dapat mempengaruhi denyut jantung seseorang.

Berita Lainnya  Resep Pepes Lele Bumbu Rujak

Cathinone

Senyawa yang memiliki efek samping hampir sama dengan amphetamin yaitu bersifat stimulan yang dapat membantu mengurangi nafsu makan.

Metil Kristalin

Senyawa terdapat pula metil kristalin yang mempunyai efek relaksasi pada otot lurik, efek samping yang sering dimanfaatkan untuk pembiusan atau menghilangkan kesadaran.

Advertisement
Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler