fbpx
Connect with us

Info Ringan

Lima Manfaat Air Kelapa Bakar bagi Kesehatan

Published

on

Jogja,(pidjar.com)–Air kelapa muda sendiri memiliki kandungan nutrisi cukup banyak. Anda bisa mendapatkan asupan kalsium, protein, vitamin C, lemak, zat besi, potasium dan fosfor saat mengonsumsinya. Berkat kandungannya tersebut, terutama karena memiliki kalium berjumlah tinggi, air kelapa mudah diserap tubuh untuk menggantikan ion yang hilang. Mineral-mineral dalam air kelapa memang mempunyai manfaat yang baik dan alami sebagai minuman elektrolit.

Beberapa pedagang ramai-ramai mulai menyuguhkan varian lain dari sajian air kelapa. Variasi lain yang dimaksud adalah kelapa bakar. Untuk menyuguhkan kelapa bakar, para pedagang tentu harus lebih dulu membakarnya. Biasanya, buah kelapa muda yang utuh disimpan dalam tong atau wadah besar, lalu dipanaskan dengan api yang menyala selama kurang lebih 3 hingga 4 jam. Kelapa muda yang berwarna hijau itu pun berubah hingga menjadi coklat. Air kelapanya berubah menjadi bersuhu hangat. Begitu juga dengan daging pada buah kelapa. Jika air kelapa yang biasa sangat menyegarkan dikonsumsi saat udara panas, air kelapa bakar lebih pas diminum saat udara sedang dingin. Hangatnya air kelapa terasa melindungi tubuh dari terpaan udara. Selain itu, apa saja kira-kira manfaat kelapa bakar untuk tubuh? Berikut ulasannya!

Meningkatkan Stamina

Kelapa bakar dipercaya dapat meningkatkan stamina tubuh jika rajin dikonsumsi. Hal ini tentu saja berkaitan dengan kandungan air kelapa itu sendiri. Seperti potasium dan beberapa kandungan lain. Setelah meminum air kelapa bakar, tubuh yang lelah terasa kembali segar. Mengonsumsinya dalam keadaan hangat-hangat, membuat keringat keluar dari tubuh. Itulah yang dipercaya membuat tubuh terasa lebih enteng.

Menyembuhkan Beberapa Penyakit

Manfaat kelapa bakar selanjutnya yang banyak dipercaya oleh masyarakat adalah dapat membantu menyembuhkan beberapa penyakit seperti maag, ginjal, dan darah manis. Untuk bantu menyembuhkan penyakit-penyakit tersebut, air kelapa bakar biasa dicampur dengan beragam rempah. Rempah-rempah yang digunakan sebagai campuran air kelapa bakar antara lain madu, kayu manis, jahe, kulit akar dari tanaman kumis kucing, sereh dan beberapa lainnya. Campuran rempah-rempah tersebut lah yang dipercaya semakin menambah khasiat dari air kelapa bakar.

 

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Manfaat kelapa bakar yang lain dan dipercaya oleh banyak orang adalah dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Tubuh yang kelelahan dan lemah, cenderung mudah sakit. Tetapi dengan rajin mengonsumsi kelapa bakar, tubuh dipercaya dapat kembali bertenaga. Hangatnya air kelapa bakar diserap oleh tubuh dan dapat meningkatkan daya tahanya. Anda yang merasa mudah sekali lelah dan merasa tidak enak badan, tidak ada salahnya untuk rutin meminum air kelapa bakar ini.

Mengatasi Batu Ginjal

Manfaat kelapa bakar selanjutnya yang juga dipercaya masyarakat adalah dapat membantu mengatasi batu ginjal. Seorang penderita batu ginjal pada saluran kemihnya akan merasakan nyeri pada pinggang. Dengan rutin mengonsumsi air kelapa bakar, batu ginjal yang menjadi keluhan dipercayai dapat luruh atau hancur. Sehingga, secara alami dapat keluar dari tubuh dengan sendirinya. Apakah Anda tertarik untuk mencobanya?

Bantu Mengatasi Diabetes

Diabetes merupakan masalah kesehatan bagi cukup banyak masyarakat Indonesia. Pola hidup yang salah dan beberapa faktor lain menjadi penyebabnya. Apabila sudah terkena diabetes, tubuh tentu memerlukan perlakuan yang berbeda. Selain rutin konsultasi ke dokter dan menjaga pola makan serta pola hidup menjadi lebih sehat, rajin mengonsumsi air kelapa bakar juga dipercaya dapat bantu mengatasi diabetes. Khusus bagi Anda penderita diabetes, konsumsi air kelapa bakar sebaiknya tanpa tambahan pemanis apa pun, terutama kental manis.

Advertisement
Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler