fbpx
Connect with us

Info Ringan

Enam Bahan Aktif untuk Skincare Berjerawat

Published

on

Jogja,(pidjar.com)–Pemilik kulit berjerawat kini bisa dengan mudah mendapatkan produk skincare di pasaran untuk mengatasi masalah kulitnya. Namun, jangan asal pilih. Pastikan produk skincare untuk jerawat pas dan aman digunakan. Kandungan yang wajib ada dalam skincare berjerawat di antaranya:

Glycolic acid

Beberapa produk skincare jerawat seperti serum dan toner mengandung bahan utama glycolic acid atau asam glikolat. Asam glikolat adalah zat untuk membantu pengelupasan kulit secara kimia. Kegunaan asam glikolat untuk membantu mempercepat proses pergantian sel. Semakin cepat sel kulit berganti, proses penyembuhan jerawat bisa makin cepat, bekas jerawat bisa lekas pudar, dan pori-pori bebas kotoran biang jerawat. Produk skincare dengan kandungan glycolic acid pas digunakan pemilik kulit berjerawat yang cenderung bopeng atau jerawat dengan bekas luka membandel.

Niacinamide

Niacinamide dapat memperkuat lapisan pelindung kulit dengan memproduksi ceramide, selain itu membantu melawan radikal bebas akibat paparan sinar ultraviolet dan polusi udara, serta menjaga kulit tetap lembab. Kandungan ini juga membantu mencerahkan, meningkatkan tekstur kulit, memperkuat pelindung kulit, dan menyingkirkan area hitam atau hyperpigmentasi. Tak hanya itu, niacinamide ini dapat melembabkan, mengembalikan kekenyalan, mengatasi kemerahan, melawan jerawat, serta mengurangi tampilan kulit kering dan rusak.

Berita Lainnya  Sembilan Makna Yang Tertuang Pada Setiap Warna Dalam Sabuk Karate

Salicylic acid

Salicylic acid atau asam salisilat adalah bahan paling populer untuk mengatasi kulit bermasalah, termasuk jerawat. Produk perawatan wajah mengandung asam salisilat bisa berupa pembersih sampai BB cream. Kegunaan asam salisilat adalah mengendalikan penumpukan sel kulit mati dan produksi minyak berlebih di kulit. Kedua hal tersebut adalah penyebab utama jerawat. Asam salisilat dikenal sebagai eksfoliator lembut untuk mengangkat sel kulit mati, sekaligus zat antiperadangan untuk menenangkan jerawat yang meradang dan iritasi.

Benzoyl peroxide

Benzoyl peroxide atau benzoil peroksida adalah salah satu bahan utama obat jerawat dan produk perawatan wajah populer. Kegunaan benzoyl peroxide adalah sebagai agen atau zat antibakteri untuk mencegah timbulnya jerawat. Produk skincare berbasis berzoil peroksida ideal digunakan untuk pemilik kulit berminyak.

Berita Lainnya  Diet Keto, Sebuah Pergeseran Nilai Perawatan Medis Ke Gaya Hidup Menurunkan Berat Badan

Retinoid

Retinoid merupakan bahan produk skincare yang kerap direkomendasikan ahli dermatologi. Bahan aktif retinoid dapat menghilangkan bekas jerawat dengan mempercepat proses regenerasi sel. Selain menghambat pertumbuhan jerawat, retinoid djuga mengurangi intensitas peradangan.

Witch Hazel

Witch hazel memiliki fungsi ganda sebagai astringent dan disinfectant, witch hazel bagus untukt kulit yang kotor dan bermasalah. Witch hazel yang sering ditemui dalam bentuk face toner akan membantu membersihkan pori-pori dan jerawat yang menumpuk. Kelebihan lainnya, bahan ini bisa dipakai untuk jenis kulit normal sampai sensitif, dan karena natural, jadi aman juga buat ibu hamil.

Advertisement
Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler