fbpx
Connect with us

Info Ringan

Enam Manfaat Bunga Kamboja Bagi Tubuh

Published

on

Jogja,(pidjar.com)–Mulai dari meredakan stress, hingga mengobati berbagai penyakit. Seperti yang kita ketahui, bunga kamboja sendiri kerap diolah menjadi minyak esensial dan banyak digemari oleh masyarakat. anya orang akan mengambil ekstrak kelopak bunga kamboja untuk dijadikan minyak esensial. Berikut manfaatnya untuk kesehatan dilansir dari hellosehat.

Meredakan Stres

Bunga kamboja memang dikenal memiliki wangi yang cukup enak untuk dihirup Saat menghirup aroma minyak bunga kamboja, senyawa geraniol, citronellol, dan linalool di dalamnya akan berikatan dengan reseptor hidung. Sinyal-sinyal tersebut lalu diteruskan ke hipotalamus pada otak guna meredakan stres. Selain menghirupnya, kita juga bisa mengoleskan minyak bunga kamboja langsung ke kulit agar senyawa di dalamnya akan berikatan dengan sterois dan akan memicu produksi enkephalin dan hormon endorfin yang memberikan rasa rileks.

Sumber Antioksidan

Minyak bunga kamboja juga bisa dijadikan sebagai sumber antioksidan bagi tubuh. Hal ini dikarenakan minyak bunga kamboja mengandung beberapa senyawa antioksidan seperti flavonoid, alkaloid, dan tannin. Fungsi dari ketiga senyawa tersebut ialah menjaga sel tubuh dari radikal bebas. Maka, sel-sel tubuh terlindungi dari risiko mutasi, peradangan, kerusakan, hingga pembentukan tumor dan kanker.

Skincare

Minyak bunga kamboja juga memilik manfaat yang baik untuk kulit. Hal ini diakrenakan minyak bunga ini mengandung astringen alami bagi kulit. Pada produk perawatan kulit dan kosmetik, astringen adalah bahan yang mampu membersihkan dan melembapkan, mengencangkan pori, meredakan peradangan, dan mengurangi minyak berlebih.

Mengobati Kaki Bengkak

Selain bunga, akar dan batang kamboja juga bisa untuk mengobati kaki bengkak dan tumit yang pecah-pecah. Caranya dengan merebus akar dan daun kamboja sampai mendidih lalu tambahkan garam dan biarkan hangat. Gunakan air tersebut untuk merendam kaki yang bengkak dua kali sehari.

Mengobati Bisul

Daun kamboja juga dipercaya mampu membantu mengobati bisul. Caranya dengan memanaskan daun kamboja di atas api hingga layu lalu olesi dengan minyak zaitun. Kemudian, tempelkan daun tersebut pada bisul dalam keadaan panas.

Obat Sakit Gigi

Daun kamboja banyak menyimpan getah yang mengandung alkaloid, tanin, flavonoid dan triterpenoid yang bisa dipakai sebagai antibiotik.  Tanaman ini  juga disebut sangat ampuh untuk mengobati sakit gigi berlubang dengan cara mengambil beberapa tetes getah kamboja dengan kapas masukkan pada gigi yang sakit. Dosisnya cukup 1-2 kali saja perhari.

Advertisement
Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler