fbpx
Connect with us

Info Ringan

Enam Manfaat Bunga Telang Untuk Kulit

Diterbitkan

pada

Jogja,(pidjar.com)–Bunga telang merupakan bunga yang berasal dari Asia Tropis dan memiliki nama latin Clitoria Ternatea. Bunga yang memiliki kelopak berwarna ungu kebiruan ini, rupanya tak hanya memiliki bentuk yang cantik namun juga bermanfaat bagi manusia. Bunga telang memiliki sifat antioksidan, antiinflamasi, antikanker, antimikroorganisme, sampai antidiabetes. Namun tak hanya bermanfaat untuk kesehatan, bunga telang juga memiliki manfaat untuk kecantikan seperti mencegah penuaan dini sampai mencerahkan kulit wajah secara alami. Kandungan antiinflamasinya juga cocok untuk mengatasi peradangan pada kulit. Biasanya, bunga telang ini diolah menjadi teh untuk menjaga kecantikan dari dalam, dan digunakan sebagai bahan baku masker untuk menjaga kecantikan dari luar. Berikut  enam manfaat bunga telang untuk kecantikan, dilansir dari plantcaretoday.

Dapat Mencerahkan Kulit

Salah satu manfaat bunga telang ungu dari antioksidan untuk kulit adalah untuk mencerahkan. Perlu diketahui bahwa radikal bebas dan paparan sinar matahari sering memicu perubahan dalam produksi melanin kulit sehingga warna kulit tidak merata. Antioksidan ini dapat membantu mencegah pigmentasi kulit yang tidak normal. Beberapa antioksidan, seperti vitamin C, juga berfungsi sebagai penghambat tirosinase (enzim yang merangsang produksi melanin).

Berita Lainnya  Lima Manfaat Mengkonsumsi Daging kelapa

Mencegah Penuaan Dini

Kandungan antioksidan dalam bunga telang tak hanya mampu menangkal radikal bebas yang menyebabkan kanker kulit namun juga efektif untuk mencegah penuaan dini pada kulit. Aktivitas antioksidan bunga telang yang diekstraksi dengan berbagai prosedur dan pelarut pada sejumlah penelitian. Jika jumlah radikal bebas terlalu banyak di dalam kulit, akan terjadi proses penuaan dini di kulit dengan cara mengurangi produksi kolagen, menghambat proses perbaikan alami kulit, dan memicu peradangan. Di sinilah peran manfaat bunga telang ungu dari antioksidan dibutuhkan, yaitu dengan mencegah aktivitas oksidatif sel dan meregenerasi vitamin E agar kulit dapat meningkatkan produksi kolagennya. Jadi dapat dipastikan bahwa manfaat bunga telang ungu efektif mengatasi masalah penuaan dini.

Berita Lainnya  Lima Tips Mengecat Rambut

Menenangkan Kulit Yang Iritasi

Sebuah studi tahun 2018 tentang bunga telang dalam pengembangan masker wajah menemukan bahwa, bunga telang dapat membantu meredakan gatal dan iritasi pada kulit. Zat yang membuat warna ungu kebiruan dalam tanaman tersebut memiliki sifat mendinginkan kulit. Sehingga kulit yang iritasi lebih terasa tenang.

Mengurangi Kemerahan Pada Kulit

Kemerahan pada kulit bisa disebabkan oleh beberapa hal, dari mulai iritasi, jerawat, ataupun karena kulit kering. Mengoleskan krim atau masker yang mengandung bunga telang dapat membantu mengurangi kemerahan karena jerawat yang meradang, mengatasi kulit kering dan iritasi secara umum.

Mencegah Kanker Kulit

Pada dasarnya, kulit yang cantik bermula dari kulit yang sehat. Salah satu manfaat bunga telang yakni dapat mencegah kanker kulit karena kandungan antioksidannya yang dapat berperan menangkal radikal bebas. Antioksidan dapat menghalau pembentukan dan menetralkan radikal bebas jika telah terbentuk. Beberapa antioksidan, seperti vitamin A, C, dan E, memiliki sifat antikarsinogenik yang dapat membantu mencegah timbulnya kanker. Tentunya, manfaat bunga telang ungu untuk kulit yang satu ini tak dapat diremehkan. Satu penelitian juga menunjukkan bahwa ekstrak manfaat bunga telang ungu dapat melindungi eritrosit anjing dari hemolisis dan kerusakan oksidatif. Hal inilah yang kemudian membuat ekstrak bunga telang efektif melindungi sel-sel kulit dari tekanan oksidatif.

Berita Lainnya  Enam Manfaat Masker Spirulina

Melembapkan Kulit

Bunga telang dapat menjaga dan mengembalikan kelembapan alami pada kulit sehingga kulit tidak mengalami kekeringan. Bunga telang dapat meningkatkan retensi kelembapan serta membantu meningkatkan pergantian sel kulit.

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler