fbpx
Connect with us

Info Ringan

Enam Manfaat Kumis Kucing untuk Kesehatan

Diterbitkan

pada tanggal

Jogja,(pidjar.com)–Tumbuhan kumis kucing juga sering dianggap sebagai tanaman obat keluarga karena ada banyak sekali manfaat kumis kucing untuk kesehatan yang dapat dirasakan keluarga di rumah. Berikut ini, Kania akan membagikan informasi lengkap terkait manfaat kumis kucing dan cara mengolahnya untuk menyebuhkan berbagai macam penyakit. Untuk selengkapnya, simak ulasan di bawah ini, ya!

Obat Infeksi Saluran Kemih

Manfaat kumis kucing pertama adalah untuk mengobati infeksi saluran kandung kemih. Jika Anda menderita penyakit ini, Kania sarankan untuk mengonsumsi air rebusan daun kumis kucing secara teratur. Adapun, cara membuatnya sangatlah mudah karena Anda cukup merebus empat lembar daun kumis kucing dengan segelas air putih hingga mendidih. Setelah itu, minum tiga kali sehari secara rutin.

Obat Reumatik

Penyakit reumatik ditandai dengan munculnya rasa sakit pada otot atau sendi karena mengalami pembengkakan. Berkat manfaat kumis kucing, Anda bisa mengatasi masalah tersebut, yakni dengan cara merebus lima lembar daun kumis kucing menggunakan tiga gelas air. Setelah itu, tunggu hingga air rebusan kumis kucing menjadi dingin. Minum sebanyak tiga kali sehari dalam dosis setengah gelas.

Meredakan Batuk

Manfaat kumis kucing lainnya bagi kesehatan adalah meredakan batuk. Untuk digunakan sebagai pengobatan, silahkan petik daun kumis kucing yang segar sebanyak 10-15 gram, kemudian cuci hingga bersih. Sementara itu, siapkan juga jahe yang telah ditumbuk hingga pipih dan air sebanyak satu liter. Rebus jahe dan daus kumis kucing di dalam panci hingga menguap, lalu tunggu air rebusan hingga dingin dan konsumsi sebanyak dua sampai tiga kali dalam sehari. Manfaat kumis kucing yang satu ini dipercaya sangat ampuh bekerja.

Sembuhkan Gatal Akibat Alergi

Tubuhmu gatal-gatal karena alergi? Sebelum menggunakan obat kimia, tak ada salahnya menggunakan manfaat kumis kucing yang juga bisa menyembuhkan gatal-gatal akibat alergi. Pengobatan dari manfaat kumis kucing ini lebih alami dan aman terhadap tubuh. Untuk mengolahnya, silahkan nyalakan kompor dan rebus beberapa lembar daun kumis kucing bersamaan dengan dua jari temulawak, meniran, dan samboto menggunakan empat gelas air putih. Setelah mendidih, saring ampas dari air rebusan dan konsumsi sebanyak dua kali dalam sehari untuk mengurangi gatal yang disebabkan oleh alergi.

Obat Batu Ginjal

Di wilayah Pulau Jawa, manfaat daun kumis kucing terkenal ampuh untuk menyembuhkan penyakit batu ginjal. Jika Anda memiliki penyakit batu ginjal dengan ukuran kurang dari lima sentimeter, Anda bisa mengolah tiga bunga kumis kucing dengan lima lembar daun kumis kucing yang direbus menggunakan dua gelas air. Setelah selesai mengolahnya, minum sebanyak dua kali sehari untuk menghancurkan batu ginjal. Dengan manfaat kumis kucing ini, Anda jadi tidak perlu lagi mengonsumsi obat-obatan kimiawi.

Mengontrol Diabetes

Selain itu, manfaat kumis kucing juga dapat mengendalikan diabetes dan mengatur kadar glukosa secara efektif. Untuk merasakan manfaat kumis kucing ini, rebus dua gelar air dengan dua genggam kumis kucing hingga terisi satu gelas air rebusan. Setelah dingin, silahkan minum air rebusan daun kumis kucing sebanyak satu kali sehari secara rutin.

 

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler