fbpx
Connect with us

Info Ringan

Enam Manfaat Madu Manuka Bagi Kesehatan Kulit

Published

on

Jogja,(pidjar.com)–Madu manuka telah lama dikenal sebagai salah satu jenis madu atau disebut dengan madu super yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, bahkan kesehatan kulit. Madu manuka merupakan jenis madu monofloral yang dihasilkan oleh lebah madu Eropa dari bunga pohon manuka yang tumbuh subur di New Zealand. Berikut ini enam manfaat madu Manuka bagi kesehatan kulit dilansir dari berbagai sumber.

Anti inflamasi

Disebut madu super bukan tanpa alasan, karena madu manuka memiliki sifat antibakteri yang kuat dan anti-inflamasi, sehingga membuatnya menjadi salah satu bahan alami yang memiliki manfaat besar dalam mengatasi berbagai masalah kulit, mulai dari masalah kulit jerawat hingga mencegah terjadinya jaringan parut. Selain itu, madu maduka juga mengandung hidrogen peroksida dan senyawa seperti methylglyoxal.

Baik untuk Membantu Penyembuhan Luka

Dikutip dari laman Healthline, menurut jurnal yang diterbitkan tahun 2008 menyebutkan bahwa, kandungan hidrogen peroksida dan senyawa seperti methylglyoxal dalam madu manuka diketahui efektif membunuh bakteri. Menjaga kulit terbebas dari bakteri, sehingga dapat mempercepat proses penyembuhan luka. Terlebih lagi, madu manuka dapat mengurangi peradangan dan nyeri pada area luka. Lebih lanjut, yang membuat madu manuka semakin spesial adalah karena memiliki efek antimikroba nya yang jauh lebih tinggi dari madu biasa.

Menghilangkan Bekas Luka

Tak hanya mampu untuk membantu penyembuhan luka saja, madu juga sudah sejak lama dipercaya dan digunakan untuk membantu menghilangkan bekas luka. Beberapa studi yang pernah dilakukan membuktikan bahwa madu manuka dapat mempercepat proses regenerasi kulit dan memperbaiki kerusakan sel secara efektif.

Mengatasi Masalah Jerawat

Madu manuka memiliki sifat antibakteri kuat yang diklaim efektif dalam mengatasi jerawat pada kulit. Ini karena madu manuka mampu mengoksidasi pori-pori dan membuang bakteri yang menjadi penyebab timbulnya jerawat. Sifat anti inflamasi yang dimiliki madu manuka juga memiliki kemampuan untuk mengurangi peradangan yang disebabkan oleh jerawat. Tak hanya mengatasi masalah jerawat, jenis madu manuka dapat dijadikan sebagai eksfoliasi untuk membantu memudarkan bekas jerawat dan mencerahkan kulit.

Membantu Menghidrasi dan Menghaluskan Kulit

Tak hanya mampu mengatasi masalah jerawat, madu manuka ini juga membantu menghidrasi dan menghaluskan kulit wajah. Bahan alami ini adalah humektan alami yang terbukti memiliki kemampuan untuk mengunci kelembapan kulit sehingga mampu membuat kulit wajah tampak lebih sehat dan glowing. Selain itu, madu Manuka juga bisa berfungsi sebagai emolien yang mampu memberikan efek halus pada kulit wajah.

Sebagai Anti Aging Alami

Terakhir, madu Manuka juga mengandung antioksidan yang efektif membantu melawan dampak negatif radikal bebas, seperti kerusakan sel dan penuaan dini. Tak hanya itu saja, madu Manuka diperkaya dengan asam amino yang dibutuhkan kulit untuk membentuk kolagen, memperkuat jaringan dan meningkatkan elastisitas kulit.

 

Advertisement
Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler