fbpx
Connect with us

Info Ringan

Tujuh Fakta Menarik Tentang Burger

Published

on

Jogja,(pidjar.com)–Meskipun dikategorikan sebagai junk food, tetapi makanan ini tetap populer dan tak kekurangan penggemar. Sebagian orang juga berkilah burger yang dilengkapi salad dan tomat lebih sehat. Padahal kenyataannya kandungan garam dalam burger cukup tinggi. Belum lagi penggunaan daging olahan yang sudah diketahui memiliki dampak buruk bagi kesehatan.  Terlepas dari kontroversi tentangnya, tak ada salahnya mengetahui fakta menarik tentang makanan yang awalnya berupa sanwich ini. Dilansir dari berbagai sumber, ini beberapa faktanya.

Burger pertama

Burger awalnya ditemukan oleh seseorang yang bernama Louis Lassen. Berawal di tahun 1900, Lassen menyajikan sandwich isi daging yang kemudian disebut sebagai hamburger. Mengapa dinamakan demikian? Usut punya usut, nama hamburger mengandung nama kota asalnya yaitu Hamburg, Jerman.

Ganti nama
Ketika perang dunia pertama berlangsung, pemerintah Amerika Serikat berupaya mengubah nama hamburger menjadi liberty sandwiches. Namun usaha mengubah nama ini gagal.

Parfum hamburger
Sebuah produk wewangian yang bernama Flame pernah diciptakan untuk para penggemar daging. Disebut Flame karena aroma daging hamburger diciptakan dari daging yang dibakar.

Jumlah Konsumsi
Beberapa ahli mengungkapkan, burger dikonsumsi hingga 13 juta porsi per tahun di Amerika Serikat. Bila burger tersebut dibentangkan, maka jumlah tersebut sama dengan jarak 32 kali keliling dunia. Jumlah tersebut hanya di AS, bagaimana jika jumlah yang dikonsumsi adalah di seluruh dunia? Terbukti bahwa burger adalah makanan yang popular.

Burger terbesar di dunia
Guinness World Record pernah mencatat sebuah burger yang disajikan di Las Vegas, Nevada sebagai burger yang mengandung paling banyak kalori di seluruh dunia. Burger terbesar di dunia tersebut bernama Quadruple Bypass.

Burger vegetarian
Dengan kemajuan tekhnologi saat ini tidak hanya orang-orang biasa yang bisa menikmati burger, para vegetarian pun bisa menikmati lezatnya burger dengan burger vegetarian. Namun , ada hal yang cukup membahayakan dari burger vegetarian yaitu bahan kedelai yang digunakan di burger yang ternyata mengandung Heksana. Zat kimia Heksana yang dikenal sebagai produk sampingan hasil pemurnian bensin ini bisa membahayakan tubuh karena bersifat racun.

Susah membusuk
Sudah bukan rahasia jika burger yang termasuk kategori junk food ini berpengawet tinggi. Hal ini dibuktikan oleh para peneliti yang mengobservasi satu burger yang disimpan dalam satu ruangan kecil selama satu minggu. Yang mengejutkan adalah bahkan setelah satu minggu, burger itu tidak tampak mengalami perubahan tetap sama seperti pertama dibuat. Hal ini menjadi bukti kadar pengawet yang sangat tinggi, jadi berhatilah-hatilah jika ingin mengkonsumsi burger.

 

Advertisement
Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler