fbpx
Connect with us

Info Ringan

Enam Manfaat Membaca Buku Fiksi

Diterbitkan

pada tanggal

Jogja,(pidjar.com)–Studi terkini telah menemukan fakta bahwa membaca buku fiksi dan mengenal karakter di dalamnya akan membantu otak. Selain itu respon psikologis kita dalam berinteraksi dengan orang luar juga lebih baik. Nah, ternyata mambaca buku fiksi tak hanya menghibur lho. Ada beberapa keuntungan yang akan didapatkan jika Anda mulai membaca buku fiksi.

Mengembangkan Kemampuan Verbal

Meskipun membaca fiksi tidak akan  selalu membuat Anda menjadi komunikator baik, namun orang yang rajin membaca fiksi akan memiliki jangkauan kata yang lebih luas. Anda juga akan mampu mengekspresikan apa dirasakan dengan kata-kata yang tepat. Semakin banyak buku yang Anda baca, maka akan semakin banyak kosa kata yang bisa Anda gunakan sehari-hari.

Meningkatkan Fokus Dan Konsentrasi

Tidak seperti postingan blog dan artikel baru di laman website, duduk dan membaca buku fiksi membutuhkan konsentrasi dan fokus lebih. Hal ini juga tentu tidak mudah untuk dilakukan. Tapi kabar bahagianya, fokus sepenuhnya membaca buku akan membuat Anda terisolasi sementara dengan dunia luar. Dirimu akan terhanyut dalam untaian kata dan akan meningkatkan fokusmu.

Membantu Untuk Lebih Mampu Menikmati Seni

Sebuah studi yang dilakukan oleh NEA menjelaskan bahwa orang yang membaca fiksi akan lebih mampu menikmati seni daripada mereka yang bahkan sering pergi ke konser musik. Selain itu, fakta yang lebih mengejutkan bahwa membaca buku fiksi akan membuat Anda memiliki kemampuan bersosialisasi yang lebih baik.

Memperluas Jangkauan Imajinasi

Selama ini Anda hanya terbatasi oleh apa yang Anda lihat. Dan dunia-dunia yang dideskripsikan dalam buku fiksimu, akan membantumu untuk memperluas pemahamanmu terhadap apa yang mungkin dan tidak mungkin terjadi. Dengan membaca deskripsi dari sebuah kejadian atau tempat, pikiranmu akan secara otomatis menciptakan bayangan dalam benak. Hal ini juga akan terasa lebih menyenangkan karena Anda bisa membuat dunia sendiri di dalam kepalamu, yang sudah jelas lebih asik daripada sekadar nonton TV.

Membuat Anda Lebih Cerdas

Buku seringkali menawarkan hal-hal menakjubkan dan bahkan jauh lebih murah daripada mengambil kelas khusus. Membaca akan memberimu banyak kesempatan untuk mengambil manfaat sebanyak-banyaknya dalam waktu yang sesingkat-singkatnya. Anne E. Cunningham dan Keith E. Stanovich dalam “What Reading Does for the Mind” juga memberikan penekanan bahwa pembaca buku fiksi biasanya memiliki pengetahuan yang lebih luas tentang hal-hal di sekitar mereka dan siapa saja yang terlibat di dalamnya.

Membuat Anda Lebih Menarik Dan Atraktif

Memiliki kumpulan informasi di dalam otak yang secara perlahan dikumpulkan dengan membaca buku akan membuat Anda terlihat menarik. Membawa arah pembicaraan ke arah yang lebih menggoda juga jadi terasa gampang. Anda akan mampu untuk mengendalikan pembicaraan dan tak akan membuat lawan bicaramu bosan dan pergi. Anda bisa memiliki hubungan dengan banyak orang karena kemampuan komunikasi dan pengetahuanmu yang telah meningkat.

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler