fbpx
Connect with us

Info Ringan

Enam Manfaat Mengkonsumsi Pare Bagi Kesehatan

Diterbitkan

pada tanggal

Jogja,(pidjar.com)–Pare adalah sayuran yang banyak tak disukai orang, terutama anak-anak, karena rasanya yang pahit. Pare biasanya diolah dengan ditumis, direbus, dibuat jus atau sebagai pelengkap masakan.  Buah pare gunakan secara luas sebagai sayuran di India dan Asia, sementara bijinya dapat digunakan sebagai bahan pembuat obat. Apa sajakah manfaat pare bagi kesehatan, simak enam manfaat pare bagi kesehatan berikut ini.

Menurunkan Kadar Gula Darah

Sejumlah penelitian menunjukkan pare dapat menurunkan kadar gula di dalam darah melalui peningkatan metabolisme glukosa. Para ahli mengidentifikasi kemampuan pare dalam melawan diabetes karena kandungan stereoid saponin (charatins), yakni insulin yang mirip peptida dan alkaloid yang terkonsentrasi di dalam pare. Cobalah resep meminum jus pare secangkir sehari. Untuk lebih aman, pastikan Anda berkonsultasi dengan doktermu. Hentikan penggunaan jika terjadi efek samping sakit perut, diare, atau demam. Selalu monitor gula darahmu secara teratur dan sesuaikan pengobatan ini dengan obat-obatan yang lain agar jangan sampai gula darahmu malah turun drastis.

Membersihkan Batu Ginjal

Menderita bat ginjal adalah kondisi ginjal yang sangat menyakitkan. Pare dapat membantu membersihkan tubuh dari batu ginjal yang membandel. Hal itu karena pare mengurangi tingginya asam, penghasil batu ginjal dari dalam tubuh. Air infus pare  dapat menjadi teh yang menyehatkan jika diminum secara teratur. Jangan terkejut jika rasanya akan terasa agak pedas, tapi jangan tambahkan pemanis.

Menurunkan Kadar Kolesterol

Mengonsumsi pare dapat membantu menurunkan kadar kolesterol yang sangat berbahaya karena dapat menyempitkan pembuluh darah. Dengan mengurangi kolesterol secara signifikan, maka dapat mengurangi risiko serangan jantung dan stroke. Selain itu, manfaat lainnya adalah pare benar-benar bekerja secara alami. Cobalah mengonsumsi jus pare dan rasakan manfaat setelahnya, dengan melakukan tes darah untuk mengukur kadar kolesterol.

Bersifat Anti Kanker

Salah satu manfaat kesehatan yang paling mengejutkan dari pare adalah bersifat anti kanker. Pare terbukti dapat menggangu produksi glukosa, yakni senyawa yang berpotensi menghambat pertumbuhan sel kanker pankreas. Jus pare juga dapat membuat kelaparan sel-sel kanker hati, usus besar, payudara dan kanker prostat. Satu-satunya hambatan mengonsumsi jus pare adalah rasanya yang pahit dan tidak enak bagi kebanyakan orang. Tetapi, kesulitan meminumnya sepadan dengan manfaatnya.

Bermanfaat untuk kulit

Bagaimanapun cara Anda mengolah pare, apakah dimakan dengan dicampur dalam masakan atau diminum sebagai jus, manfaatnya tetap terasa, termasuk buat kulit. Pare disebut-sebut memiliki manfaat membuat kulit semakin bersinar, membantu mengobati jerawat dan eksim. Pare juga dikenal dapat memurnihkan darah. Segelas jus atau seporsi sup pare dapat membuat kulitmu menjadi lebih indah.

Membuat Tubuh Lebih Kurus

Sebagaimana tumbuhan pada umumnya, pare sangat rendah kalori dan di sisi lain sangat tinggi nutrisi. Diperkirakan kemampuan pare dalam mencegah kenaikan berat badan karena merangsang lipid dan metabolisme pemrosesan lemak, merangsang gen yang mengendalikan nafsu makan dan berat badan serta mengurangi peradangan. Sebuah laporan yang dipublikasikan di Journal of Lipids pada tahun 2015 menyebutkan pare bisa mengurangi berat badan diperkirakan karena kemampuan pare dalam meningkatkan oksidasi asam lemak yang pada akhirnya memfasilitas penurunan berat badan.

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler