fbpx
Connect with us

Info Ringan

Tujuh Manfaat Daun Selada Untuk Kesehatan

Diterbitkan

pada

BDG

Jogja,(pidjar.com)–Daun selada sebagai salah satu sayuran yang dijadikan lalapan atau bahan campuran burger, salad, dan gado-gado. Tak hanya memiliki rasa yang menyegarkan, selada ternyata kaya akan kandungan nutrisi seperti vitamin A, vitamin K, zat besi, kalium, kalsium, serat, dan asam folat. Selada sekilas terlihat tidak menyenangkan, tetapi faktanya terdapat manfaat selada bagi kesehatan yang bisa dituai, mulai dari membantu menurunkan berat badan sampai menjaga kesehatan mata. Berikut adalah berbagai macam manfaat daun selada untuk kesehatan tubuh Anda.

Menyehatkan Jantung

Tingginya kadar asam folat pada daun selada bisa membuat kita menurunkan risiko terkena stroke, penyakit arteri koroner, hingga emboli pada paru-paru. Kandungan vitamin A dan C pada selada juga bisa berfungsi sebagai antioksidan yang bisa mencegah datangnya penyakit jantung.

Berita Lainnya  Inspirasi Memilih Baju Untuk Wanita Bertubuh Gemuk

Mengontrol Gula Darah

Daun selada memiliki indeks glikemik rata-rata 15, tetapi karena memiliki sangat sedikit kalori, beban glikemiknya dianggap nol. Makanan dengan indeks glikemik rendah sangat bagus untuk siapa pun yang mengatasi gula darah atau untuk mengatur berat badan. Tentu saja, selada tidak memiliki gula putih atau halus dan sejumlah masalah yang menyertainya.

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Kandungan vitamin dalam selada mampu memperkuat sel imun tubuh sehingga akan lebih baik dalam melawan berbagai virus dan kuman penyebab penyakit. Sebagai contoh, vitamin A bisa mengatasi peradangan, infeksi, hingga kerusakan sel pada tubuh.

Menyehatkan Mata

Sudah menjadi rahasia umum jika vitamin A pada daun selada bisa mendukung kesehatan mata. Dengan rutin mengonsumsi selada, maka kita pun akan mencegah datangnya penyakit seperti glaukoma, katarak, dan penurunan penglihatan pada lansia.

Mencegah Pengeroposan Tulang

Berita Lainnya  Sebagian Wilayah Gunungkidul Diperkirakan Dilanda Hujan Lebat dan Petir 4 Hari ke Depan, Ini Himbauan Pemerintah

Tingginya kadar vitamin K dan kalsium pada daun selada bisa membuat kita mencegah penyakit pengeroposan tulang seperti osteoporosis dan osteopenia.

Baik Bagi Ibu Hamil

Kandungan asam folat bisa menurunkan risiko melahirkan bayi dengan kecacatan. Selain itu, kandungan vitamin K bisa mencegah pendarahan setelah proses persalinan. Karena alasan inilah ibu hamil sangat direkomendasikan untuk mengonsumsi daun selada.

Membantu Penurunan Berat Badan

Daun selada mengandung serat dan selulosa. Manfaat daun selada dapat melancarkan pencernaan. Memperbaiki pencernaan mungkin tidak terdengar seperti hal yang baik untuk menurunkan berat badan, tetapi sebenarnya penting untuk mengontrol berat badan jangka panjang. Serat juga membantu mengeluarkan garam empedu dari tubuh. Ketika tubuh menggantikan garam-garam ini, ia menguraikan kolesterol untuk melakukannya. Inilah mengapa selada juga baik untuk hati.

Berita Lainnya  Enam Alasan Menggunakan Baby Bouncer

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler