fbpx
Connect with us

Info Ringan

Enam Olahan Kacang sebagai Camilan Favorit

Diterbitkan

pada tanggal

Jogja,(pidjar.com)–Kacang tanah adalah salah satu jenis kacang yang banyak digemari, terutama dijadikan sebagai camilan. Karena kacang tanah tetap enak diolah menjadi apa pun, mulai dari asin, pedas, hingga manis. Olahan dari kacang tanah biasanya ditemui sebagai oleh-oleh di suatu daerah. Selain itu sering juga disediakan sebagai camilan. Tapi olahan kacang tanah juga bisa Anda buat sendiri di rumah. Bahan bakunya yang mudah didapat dan rasanya yang enak, membuat olahan kacang tanah banyak digemari. Berikut beberapa olahan kacang tanah yang terpopuler sebagai camilan.

Kacang Goreng

Kacang goreng adalah olahan paling gampang yang bisa Anda buat di rumah. Kacang goreng cocok banget dijadikan sebagai stok camilan, nih. Cukup bersihkan kacang tanah dari kulitnya lalu goreng dengan cara sangrai di atas wajan hingga berwarna kecokelatan. Supaya lebih nikmat, tambahkan sedikit garam atau penyedap rasa. Kacang goreng juga cocok untuk menemani marathon film di saat weekend.

Peyek

Peyek atau yang populer disebut rempeyek ini merupakan makanan khas Jawa Tengah. Peyek biasanya disajikan dengan nasi dan sayur pecel. Yang membuat makanan ini enak adalah rasanya yang gurih dan renyah. Bikin tidak berhenti mengunyah! Peyek terbuat dari tepung yang dicairkan dengan bumbu-bumbu kemudian digoreng hingga kering. Selain dicampur kacang, peyek juga biasanya dicampur dengan ikan teri atau udang kecil. Peyek memang paling enak disantap dengan nasi dan lauk atau dimakan langsung sebagai camilan.

Kacang Telur

Kacang telur juga merupakan camilan dari olahan kacang tanah yang banyak digemari. Disebut kacang telur karena dibalut dengan telur yang dilapisi dengan tepung. Supaya hasilnya maksimal, kacang telur ini dibalut dengan telur secara berulang-ulang. Sampai akhirnya kacang tanah ini terbalut hingga membentuk bulat. Kacang telur biasanya memiliki rasa yang gurih dan asin. Tapi juga bisa dibuat manis jika Anda suka.

Kacang Bawang

Buat Anda yang suka dengan aroma bawang putih, Anda bisa coba mengolah kacang tanah menjadi kacang bawang. Disebut kacang bawang karena menggunakan bumbu bawang putih yang digoreng hingga kering. Sehingga menghasilkan aroma yang harum, nikmat, dan menggoda. Rasanya pun gurih dan asin. Supaya lebih nikmat, Anda bisa menambahkannya dengan potongan daun jeruk lho! Cocok banget, nih dibungkus sebagai camilan untuk di perjalanan.

Kacang Rebus

Olahan kacang tanah yang satu ini juga simple banget! Anda pasti sudah pernah coba kacang rebus. Kacang tanah yang basah harus dicuci bersih terlebih dahulu. Kemudian direbus sampai matang bersama dengan kulitnya. Makanan ini paling enak buat menemani nobar atau nonton TV di rumah. Rasanya yang manis dan gurih bisa bikin ingin nambah lagi. Supaya rasanya lebih gurih, jangan lupa tambahkan garam ke dalam air rebusannya, ya!

Enting-Enting Kacang

Anda sudah pernah mendengar tentang enting-enting kacang belum? Olahan kacang tanah yang satu ini memiliki rasa manis karamel yang lezat lho! Kacang yang sudah dibuang kulitnya harus dibersihkan terlebih dahulu. Kemudian kacang disangrai dan ditumbuk kasar. Lalu dicampur dengan adonan karamel gula. Kemudian dipadatkan seperti membuat kue. Rasanya yang manis dan renyah ini biasanya disukai oleh anak-anak. Anda juga bisa membuat enting-enting kacang untuk sajian di hari spesial, nih.

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler