fbpx
Connect with us

Info Ringan

Enam Tanaman Sebagai Pengusir Tikus

Diterbitkan

pada

BDG

Jogja,(pidjar.com)–Apabila Anda merupakan seseorang yang sudah jengah dengan ulah si hama penggangu ini, maka Anda harus memikirkan untuk menanam beberapa tanaman pengusir tikus. Bisakah sebuah tanaman mengusir tikus? Tentu saja bisa. Ada beberapa tanaman yang buahnya dapat digunakan untuk mengusir tikus, lho! Nah, daftar tanaman pengusir tikus dari Bacaterus.com, ini bisa Anda jadikan referensi untuk menyingkirkan tikus secara alami dari rumah Anda.

Mengkudu

Siapa yang tidak kenal dengan buah yang satu ini? Mengkudu memang memiliki begitu banyak manfaat untuk kesehatan. Nah, buah ini juga efektif untuk menyingkirkan tikus, lho! Pasalnya, tikus amat tidak menyukai bau mengkudu yang menyengat. Manfaatkan hal tersebut dengan memotong buah mengkudu yang sudah masak, lalu letakkan daging buah di tempat yang sering dilewati tikus. Namun, aroma dari buang mengkudu ini juga cukup mengganggu bagi kita.

Tanaman Berduri Tajam

Berita Lainnya  Enam Tips Penting dalam Investasi Tanah

Tanaman dengan batang atau buah yang berduri tajam termasuk dalam daftar tanaman pengusir tikus. Misalnya, tanaman dengan batang berduri seperti salak atau tanaman dengan buah tajam seperti durian dan nangka.

Daun Mint (Peppermint)

Tumbuhan ini sangat nikmat jika diseduh dengan teh hitam atau teh hijau. Akan tetapi, kita tidak sedang membicarakan manfaat daun mint untuk dikonsumsi, melainkan kita akan mengulas manfaat daun mint sebagai tanaman pengusir tikus. Sari daun mint yang dilarutkan dengan air dapat mengusir hama pengganggu ini. Semprotkan campuran air dan daun mint di area yang sering dilalui tikus. Tak lama kemudian, tikus akan enggan kembali karena tidak menyukai aroma mentol yang berasal dari daun mint. Tanaman daun mint yang diletakkan di pekarangan rumah juga akan menebarkan aroma mint yang tidak disukai tikus.

Sirsak

Berita Lainnya  Resep Takjil Cokelat Cendol Milk Tea

Sirsak memang memiliki kulit buah yang tajam dan mungkin ditakuti oleh tikus. Akan tetapi, ada bagian dari tanaman sirsak yang lebih ditakuti tikus, yakni daunnya. Daun sirsak menebarkan aroma menyengat yang tidak disukai tikus. Cara menggunakannya, cukup sobek beberapa daun sirsak dan sebarkan di tempat-tempat yang mungkin disinggahi tikus. Niscaya, tikus tidak akan berani melewati tempat tersebut dan mungkin segera pergi dari tempat tinggal Anda.

Cabe

Cabe rawit yang memiliki rasa pedas dan aroma yang menusuk ini merupakan tanaman yang ditakuti tikus. Aroma cabe rawit yang tajam akan membuat si tikus menyingkir. Cara menggunakan cabe rawit untuk mengusir tikus adalah dengan menghancurkan cabe dan melarutkannya ke dalam air. Semprotkan larutan cabe rawit di tempat yang dilalui tikus. Namun hati-hati jangan sampai semprotannya mengenai mata karena akan terasa sangat pedih.

Berita Lainnya  Resep Kue Janda Genit

Kayu Putih

Daun dari tanaman kayu putih ternyata bisa digunakan untuk mengusir tikus. Cara penggunaannya sama dengan daun sirsak, yakni memotong daun kayu putih menjadi beberapa bagian, dan sebarkan di sudut atau area yang biasa dilewati tikus. Tapi jika Anda ingin cara yang lebih praktis, semprotkan saja minyak kayu putih yang biasa dijual di apotik atau warung-warung. Selain dapat membuat tikus tunggang langgang, aroma kayu putih juga akan menyegarkan ruangan di rumah Anda.

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler