fbpx
Connect with us

Info Ringan

Tujuh Tips Agar Anak Doyan Makan

Diterbitkan

pada tanggal

Kadang waktu makan kadang menjadi “momok” bagi sebagian ibu, karena harus menghadapi si kecil yang sulit makan. Dimuntahkan atau bahkan menjerit saat   Anda memberi mereka makan pada si kecil itu sering terjadi, bukan? Sudah susah-susah menyiapkan menu sehat dan pada akhirnya mereka nggak mau buka mulut. Si kecil susah makan! Banyak sekali orangtua yang mengalaminya. Berikut strategi agar si kecil doyan makan.

  1. Variasi Makanan

Anda bisa coba buat beberapa pilihan menu makanan. Tapi harus yang sehat yaaa? Biarkan buah hati Anda memilih makanan yang ia sukai. Seperti, “mau makan ikannya dulu atau wortel dulu?” Pilihan-pilihan tersebut bisa lho membuat si kecil merasa tertantang untuk memilih menu yang akan ia kunyah terlebih dahulu.

  1. Coba Sajikan Makanan Dalam Porsi Kecil
Berita Lainnya  Lima Fakta Tentang Mata Yang Jarang Diketahui

Beri si kecil menu dalam porsi kecil. Lambung si kecil belum mampu menampung makanan terlalu banyak, jadi berikan ia makanan sedikit demi sedikit. Jangan beri 10 tusuk sate ayam sekaligus, ya!

  1. Sajikan dengan Menarik

Setelah menyajikan banyak pilihan, sajikan dengan tampilan menarik. Misalnya, mencetak nasi goreng dalam cetakan teddy bear, atau bebek kecil gitu-gitu deh. Syukur-syukur bentuk anti mainstream seperti anglo, cobek, bahkan bisa juga helm.

  1. Jangan Mengancam Si Kecil

Hindari mengancam, menghukum, atau menakut-nakuti anak agar ia makan lebih banyak. Ini akan membuatnya merasa bahwa saat makan merupakan saat yang tidak menyenangkan. Dan bukan tak mungkin menimbulkan trauma psikologis baginya.

  1. Makan Teratur

Jadwalkan waktu makan dengan teratur, agar si kecil terbiasa dengan waktu makannya. Sama halnya dengan waktu tidur, mandi dan sebagainya.

  1. Beri Camilan Sehat
Berita Lainnya  Lima Jenis Jamur Baik Yang Lezat Dikonsumsi

Yaaa jangan karena embel-embel biar sehat, jangan langsung dikasih camilan buah naga sekilo dong! Anak kecil ketika memasuki usia 2 tahun, aktivitasnya semakin banyak saja. Ini mungkin membuatnya sulit untuk duduk manis dan makan dengan tenang. Untuk menyiasatinya, berikan ia cemilan sehat dalam porsi kecil namun beragam. Misalnya saja bola-bola kentang isi wortel dan daging cincang, sus mini isi fla coklat, donat tabur kenangan eh keju, dan sebagainya.

  1. Hindarkan Gaya Memaksa

Nggak perlu bergaya Hitler biar si kecil tunduk. Cukup minimalkan gangguan saja. Misalnya matikan televisi dan jauhkan buku atau mainan dari meja makan.

Iklan
Klik untuk Komentar
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler