fbpx
Connect with us

Info Ringan

Enam Tips Membangunkan si Kecil untuk Sahur

Published

on

Jogja,(pidjar.com)–Mungkin Anda akan menganggap lucu ketika seseorang merasa kaget saat dibangunkan dengan cara yang konyol. Namun, orang yang dibangunkan belum tentu merasa nyaman dengan cara  tersebut. Apalagi si kecil. Bulan puasa memang waktu yang tepat mengajak si kecil belajar sahur dan berpuasa. namun tentu saja tidak mudah. Membangunkan sahur si kecil tidak bisa disamakan dengan membangunkan orang dewasa. Berikut ini enam tips dari thepragmaticparent.com yang bisa menjadi inspirasi Anda dalam membangunkan sahur si kecil.

Menepuk Tubuh dengan Lembut

Cara yang satu ini bisa dibilang  kuno karena memang sudah dilakukan sejak dulu. Ya, cara paling mudah untuk membangunkan si Kecil yang sedang tidurterlalu pulas adalah dengan menepuk tubuhnya. Namun, tepuk secara lembut agar orang tersebut tidak terkejut. Tepuk pada bagian pundak, lengan, pantat, atau paha. Sambil menepuk, Anda pun bisa memanggil nama.

Manfaatkan Cahaya  

Cahaya adalah sarana untuk membangunkan seseorang yang tidurnya sangat pulas. Orang yang tidur sepulas apapun pasti akan merasa “terganggu” dengan cahaya yang menerpa wajahnya. Cara ini mungkin tidak akan membuat si kecil langsung bangun. Namun, setidaknya lama kelamaan ia akan merasa “terganggu” dan bangun dengan sendirinya.

Berita Lainnya  Beberapa Penyakit Berbahaya yang Dapat Menjangkit Kala Musim Hujan

Ubah Suhu Ruangan

Satu lagi cara membangunkan orang tidur secara halus, yakni dengan mengubah suhu ruangannya. Apabila di kamar orang itu terdapat AC yang sudah dinyalakan, maka Anda hanya perlu meningkatkan atau menurunkan suhu AC secara drastis. Biasanya, suhu panas lebih efektif untuk membuat orang terbangun ketimbang suhu dingin yang berpotensi membuat ia terbangun lebih cepat.

Gunakan Suara atau Bunyi-bunyian

Media lain yang cukup efektif untuk membangunkan si Kecil yang sedang tidur sangat pulas adalah menggunakan suara. Sebagian besar orang hanya bisa tidur dalam suasana yang hening dan tenang. Bunyi-bunyian jelas akan mengganggu indera pendengaran seseorang sehingga ia terbangun dari tidurnya. Pasanglah lagu dengan irama yang lembut atau bunyikan barang-barang di sekitar orang yang sedang tidur. Jika ia masih belum merespon usaha Anda tersebut, maka sebaiknya Anda mencoba suara yang lebih keras. Percaya atau tidak, seseorang bisa langsung terbangun ketika mendengar suara nada dering ponselnya, lho. Jadi, cobalah untuk menelpon orang itu terus menerus. Nada dering ponselnya sendiri pasti akan membuat ia terbangun.

Berita Lainnya  Enam Tips Mengeringkan Baju Lebih Cepat

Aroma Makanan

Meskipun sedang tertidur, indera penciuman seseorang tetap bekerja. Bahkan, bukan Cuma bernafas saja, indera penciuman orang yang sedang tidur juga bisa mendeteksi aroma, terutama jika aroma tersebut merupakan aroma sedap dari makanan. Pada saat tidur, umumnya orang akan merasa lapar ketika terbangun. Kondisi perut yang kosong saat tidur semakin membuat indera penciumannya jadi lebih sensitif. Alhasil, ketika Anda membawa makanan dengan aroma yang sedap ke dalam kamarnya,si kecil akan segera bangun karena indera penciumannya mendeteksi aroma yang menggugah seleranya.

Menekan Jari Kaki

Yang satu ini merupakan cara membangunkan orang dari tidur tanpa membuat orang tersebut menjadi kaget atau merasa kurang nyaman. Anda hanya perlu memegang salah satu jari kakinya (diutamakan ibu jari), lalu tekan secara mantap selama 30 detik. Si Kecil yang sedang tidur pasti akan langsung terbangun tanpa merasa terkejut. Jari kaki adalah bagian yang cukup sensitif terhadap sentuhan. Jadi, sentuhan dan sedikit tekanan pasti akan memberikan refleks yang cukup dahsyat sehingga bisa membuat orang terbangun dari tidurnya.

Advertisement
Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler