fbpx
Connect with us

Info Ringan

Enam Tips Membuat Taman Sederhana Depan Rumah

Diterbitkan

pada tanggal

Jogja,(pidjar.com)–Hunian yang dilengkapi dengan aneka tanaman dapat memberikan kesan sejuk. Karenanya, peran sebuah tanaman sangatlah penting, terutama ketika mempertimbangkan cara membuat taman kecil di depan rumah. Meskipun luas lahanmu terbatas, namun Anda bisa menerapkan berbagai cara membuat taman kecil di depan rumah untuk menciptakan hunian yang sehat dan menyejukkan. Berikut Kania akan bagikan berbagai cara membuat taman kecil di depan rumah yang mudah dan sederhana agar bisa Anda coba secepatnya!

Pilih Desain Taman Sesuai Fungsi dan Keinginan

Memulai rangkaian cara membuat taman kecil di depan rumah, rencanakan dan pilih desain taman yang Anda inginkan. Adapun, cara membuat taman kecil di depan rumah ini bisa Anda sesuaikan menurut fungsi taman yang akan dibangun, apakah untuk kebun sayur, bunga atau taman dengan tanaman mini. Selain itu, sesuaikan pula dengan ukuran lahan di halaman rumah yang idealnya terpisah dengan jalur akses penghuni rumah untuk meminimalisir kerusakan atau buat jalur khusus untuk pijakan kaki agar cara membuat taman kecil di depan rumah ini bisa lebih optimal diterapkan.

Pilih Lokasi Terbaik untuk Pembuatan Taman

Penentuan titik lokasi di halaman rumah dapat menentukan kesuksesan Anda dalam merawat tanaman. Sebab, hampir semua jenis tanaman memerlukan ekspos langsung dari sinar matahari agar tumbuh secara maksimal. Maka dari itu, cara membuat taman kecil di depan rumah ini bisa Anda lakukan dengan memilih titik lokasi yang terkena sinar matahari langsung. Jika tidak ada titik ideal untuk difungsikan sebagai taman, Anda bisa memilih area tertentu yang terkena sengatan matahari dan berdekatan dengan sumber air. Ketika menerapkan cara membuat taman kecil di depan rumah, pastikan juga bahwa area tersebut bisa diakses secara mudah untuk efisiensi perawatan taman.

Berita Lainnya  Enam Inspirasi Jalan Setapak Agar Taman Rumah Makin Apik

Persiapan Lahan untuk Taman

Cara membuat taman kecil di depan rumah selanjutnya memasuki proses persiapan lahan yang akan Anda gunakan untuk menanam tumbuhan. Dalam melakukan cara membuat taman kecil di depan rumah ini, Anda bisa membersihkan area yang akan dipakai untuk taman dari tumbuhan ilalang atau sampah, lalu melembutkan tanah menggunakan bantuan sekop kecil.

Maksimalkan Kualitas Tanah

Tak semua tanah dapat bekerja maksimal untuk dipakai menanam. Dalam cara membuat taman kecil di depan rumah ini, Anda bisa menambah nutrisi atau unsur hara pada tanah dengan memanfaatkan pupuk organik berupa sisa buah dan daun yang membusuk atau kotoran hewan. Pada proses cara membuat taman kecil di depan rumah ini, pastikan pemberian pupuk dilakukan secara merata dan lakukan pencangkulan tanah agar air dan oksigen dapat terserap dengan mudah oleh akar tanaman.

Berita Lainnya  Sepuluh Kuil Megah Di Asia dan  Patut Dikunjungi

Pilih Tanaman untuk Taman

Jika tanah di halamanmu sudah siap, maka saatnya kita memasuki cara membuat taman kecil di depan rumah dengan memilih jenis tanaman yang akan Anda rawat. Pada proses ini, Anda dapat memilih tanaman yang cocok dengan iklim dan kondisi cuaca di lingkungan serta sesuaikan ukuran dan dimensi tanaman dengan luas taman depan rumah. Perlu diketahui, beberapa bibit bisa langsung Anda tanam ke dalam tanah, namun ada pula bibit yang hanya dapat ditumbuhkan secara terpisah seperti menggunakan pot. Maka dari itu, pastikan Anda mempelajari karakter dari tanaman yang akan Anda rawat agar cara membuat taman kecil di depan rumah ini bisa dilakukan secara optimal.

Rawat Tanaman Secara Rutin

Tentu saja, cara membuat taman kecil di depan rumah ini tak berhenti sampai penanaman bibit saja. Setelah itu, Anda pun harus konsisten dalam melakukan perawatan seperti menyiram tanaman, membersihkan tanaman dari hama ataupun semak serta menggunakan pupuk sesuai takaran. Melalui cara membuat taman kecil di depan rumah di atas, Anda pun bisa menyulap area depan rumah yang luasnya terbatas menjadi sebuah taman cantik yang dapat memberikan kesan asri dan sejuk. Yuk, coba cara membuat taman kecil di depan rumah ini sekarang juga!

Iklan
Klik untuk Komentar
Iklan

Facebook Pages

Iklan
Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler