fbpx
Connect with us

Info Ringan

Enam Manfaat yang Terkandung dari Buah Sawo

Diterbitkan

pada tanggal

Jogja,(pidjar.com)–Bentuknya yang bulat dengan warna kulit dan daging cokelat memiliki rasa manis yang khas dan lembut. Tidak hanya rasanya yang manis dan enak, buah sawo memiliki banyak kandungan yang baik untuk kesehatan. Mengandung banyak nutrisi dan vitamin yang baik, buah ini juga memiliki banyak kandungan air yang membuatnya cocok untuk dijadikan pencuci mulut yang segar. Dalam buah sawo, Anda akan mendapatkan protein nabati, lemak sehat, kalsium, karbohidrat, fosfor, vitamin A, vitamin B1, vitamin C, vitamin E, dan serat. Banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan mengonsumsi buah manis ini. nah, berikut manfaat dari buah sawo yang harus Anda ketahui.

Menjaga Kesehatan Mata

Banyak buah-buahan yang baik untuk kesehatan mata, tidak ketinggalan dari buah lainnya, sawo pun memiliki manfaat untuk kesehatan mata. Karena sawo mengandung banyak vitamin A yang berperan penting dalam menjaga kesehatan mata. Sehingga menjadikan sawo sebagai buah favorit adalah pilihan yang tepat untuk menghindari gangguan mata.

Memelihara Kesehatan Tulang

Menjaga kesehatan tulang adalah aset penting hingga tua nanti. Mengonsumsi buah sawo sangat baik untuk kekuatan tulangmu. Kandungan kalsium yang ditemukan dalam buah ini efektif untuk meningkatkan massa jenis tulang. Selain itu buah sawo mengandung kalsium, seng, mangan, fosfor, dan zat besi dalam buah sawo memiliki efek positif pada kesehatan tulang dan otot Anda. Karena jika Anda kekurangan kalsium, maka dapat meningkatkan risiko tulang menjadi lemah dan dapat mengembangkan osteoporosis.

Berita Lainnya  Delapan Manfaat Mengkonsumsi Susu Kedelai

Mengatasi Radang Mulut

Mungkin Anda tidak menyadari bahwa masalah kecil seperti gusi berdarah saja dapat menyebabkan gejala kesehatan yang serius. Selain itu, kurangnya perawatan mulut dan kebersihan yang buruk juga berkontribusi menimbulkan masalah seperti radang mulut atau bahkan kanker mulut. Tentunya Anda membutuhkan pencegahan supaya hal tersebut tidak terjadi. Dengan mengonsumsi buah sawo ke dalam menu harianmu, Anda dapat menjaga berbagai masalah mulut termasuk rongga dan kerusakan gigi. Bahkan Anda juga bisa memberikan buah sawo kepada anak atau adikmu untuk meringankan risiko saat ke dokter gigi.

Mengobati Diare

Diare adalah suatu kondisi dimana membuat seseorang berulang kali buang air besar dalam bentuk yang cair, sehingga menyebabkan dehidrasi karena kehilangan cairan. Buah sawo telah digunakan sebagai obat alami untuk memulihkan dari diare karena sifatnya yang berguna sebagai obat. Buah sawo mengandung zat tanin yang bermanfaat secara medis sebagai obat untuk wasir dan diare. Untuk mengolahnya menjadi obat, Anda bisa merebus daun sawo dan diambil sebagai infus untuk mengobati diare. Kandungan saponin dan flavonoid dalam daun sawo diketahui mempengaruhi penyerapan usus dan peristaltik usus. Selain itu buah sawo mentah juga digunakan dalam pengobatan tradisional yang diambil untuk menghentikan diare.

Berita Lainnya  Enam Es Krim dengan Rasa Aneh yang Ada di Dunia

Mencegah Kanker

Penelitian yang dilakukan dengan menggunakan ekstrak methanol buah sawo telah terbukti menginduksi sitotoksisitas dalam sel kanker dengan cara yang tergantung pada dosis. Pada saat yang sama, ekstrak juga meningkatkan umur tiga kali lipat pada hewan pembawa tumor. Antioksidan yang diekstraksi dari buah sawo juga menunjukkan sitotoksisitas dalam garis sel kanker usus besar manusia. Buah sawo mengandung senyawa yang memiliki sifat antikanker yang potensial. Kandungan serat dalam buah sawo juga dapat menyembuhkan sembelit dan melindungi selaput lendir usus untuk menghindari racun penyebab kanker.

Mengatasi Pilek dan Batuk

Seperti kebanyakan makanan yang mengandung vitamin C tinggi, buah sawo dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh yang membantu mencegah penyakit. Vitamin C dalam jumlah yang baik dari buah sawo sangat berguna untuk mencegah penyakit virus yang umum seperti pilek dan batuk. Buah sawo juga membantu dalam perawatan pilek dan batuk. Dengan mengonsumsi buah ini, Anda juga dapat menghilangkan sumbatan hidung dan batuk yang terus-menerus.

Iklan
Klik untuk Komentar
Iklan

Facebook Pages

Iklan
Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler