fbpx
Connect with us

Peristiwa

Fenomena Alam Gerhana Tak Pengaruhi Aktifitas Nelayan

Diterbitkan

pada

BDG

Tanjungaari,(pidjar.com)–Fenomena Gerhana Bulan Total yang diperkirakan terjadi pada Selasa (30/1/2018) malam nampaknya tidak berpengaruh terhadap kondisi air laut dipesisir selatan Kabupaten Gunungkidul. Pasalnya, hingga Rabu malam ini pun aktifitas nelayan berjalan seperti biasanya. Meski begitu, nelayan tetap memperhatikan kondisi cuaca apabila sewaktu-waktu terjadi pasang tinggi.

Ketua kelompok nelayan Pantai Baron, Sumardi mengatakan, gerhana bulan yang terjadi malam ini tidak berpengaruh terhadap kegiatan nelayan di pesisir pantai selatan Gunungkidul, khususnya di Pantai Baron. Hal ini lantaran meski terjadi pasang namun tidak terlalu tinggi, Sehingga nelayan masih aman untuk melakukan aktivitas melautnya.

Dari pantauan Sunardi, kenaikan air laut sampai pukul 20.00 WIB tadi terlihat landai. Tidak terlihat adanya gelombang tinggi disekitar perairan laut selatan.

Berita Lainnya  Pencurian Kian Marak, Karyawan Toko Kemalingan di Siang Bolong

"Tidak ada dampak yang signifikan. Nelayan masih tetap melaut," ujar Sumardi, Rabu malam.

Dikatakan Sumardi, dari sekitar 135 nelayan yang ada di Pantai Baron, tidak semuanya melaut. Namun hal itu bukanlah dampak dari gerhana bulan, tetapi lebih dikarenakan minimnya jumlah ikan yanv bisa ditangkap.

"Beberapa waktu ini memang kami paceklik ikan. Jadi banyak yang tidak melaut," imbuh dia.

Saat ini, hal yang patut diwaspadai oleh para nelayan ialah cuaca buruk. Kondisi angin bertiup kencang dari barat, disertai hujan yang kadang turun cukup deras membuat aktivitas nelayan menjadi terganggu.

"Selama ini kita selalu waspada terhadap cuaca buruk saat melaut. Namun kita juga selalu menyiapkan alat keselamatan sebelum berangkat berburu ke tengah laut," pungkas dia.

Berita Lainnya  Diduga Penyakitnya Kambuh, Hayati Ditemukan Meninggal di Ladang

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler