fbpx
Connect with us

Peristiwa

Gara-gara Putung Rokok, Lahan Akasia Pak Dukuh Terbakar

Published

on

Tanjungsari,(pidjar.com)–Sebidang lahan di area perbukitan Pantai Nglaos (02/12), Kemadang Tanjungsari terbakar, Minggu (26/01/2020) pagi. Lahan yang diketahui didominasi oleh pohon akasia tersebut memiliki luas dua hekatare. Diketahu pemilik lahan tersebut bernama Giyanto (45) yang merupakan dukuh Kelor Kidul (01/17) Kemadang Tanjungsari Gunungkidul.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah, Edy Basuki mengatakan kejadian sendiri diketahui pukul 10.15 WIB. Sebuah titik api muncul di area lahan di atas bukit.

“Diduga karena putung rokok di sebelah selatan yang membakar lahan ranting kering,” ucap Edy kepada pidjar.com, Minggu siang.

Lebih lanjut ia mengatakan, lokasi tersebut memang baru-baru ini ditebangi. Sehingga sejumlah ranting dan dedaunan kering berserakan di lokasi. Sampah kering tersebut diduga mempermudah kobaran api menjalar merata di atas bukit.

“Saat kejadian, angin kencang berhembus, api seketika menjalar ke lahan akasia sebelah utara,” bebernya.

Mendapatkan laporan ini Tim Reaksi Cepat BPBD Gunungkidul, Tim SAR Pantai Sepanjang dan warga setempat berusaha memadamkan api. Kobaran api sendiri dipadamkan secara manual.

“Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini, namun kerugian materi kayu akasia seluas dua hektare yang belum bisa ditaksir berapa rupiahnya,” tandasnya.

Atas kejadian ini, pihaknya mengimbau, masyarakat selalu waspada saat membuang putung rokok. Diketahui, jika dibuang sembarangan dan di lahan kering, percikan api akan mudah menjalar.

Advertisement
Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler