fbpx
Connect with us

Pemerintahan

Gedung Anyar DPRD Gunungkidul Mulai Dibangun Tahun Ini, Habiskan Anggaran 43 Miliar

Diterbitkan

pada

BDG

Wonosari,(pidjarcom)–Sejak tahun 2010 silam, Pemerintah Kabupaten Gunungkidul telah merencanakan untuk pembangunan gedung anyar Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Gunungkidul. Gedung yang selama ditempati dan menjadi kantor para wakil rakyat ini dirasa sudah tidak representatif sehingga diperlukan fasilitas yang lebih mumpuni. Namun rencana tersebut selalu mundur karena keterbatasan anggaran yang dimiliki oleh pemerintah. Bahkan beberapa tahun silam, pembangunan tahap pertama yang sudah dianggarkan kemudian dibatalkan lantaran adanya pandemi covid yang berujung dengan pemotongan anggaran.

Pada tahun anggaran 2022 ini, Pemerintah Kabupaten Gunungkidul kembali merencanakan pembangunan gedung baru DPRD Gunungkidul. Proses pembangunan sendiri akan direalisasikan dengan sejumlah penyesuaian yang dilakukan.

Berita Lainnya  Dua Hari Berturut-turut Ada Pasien Covid19 Meninggal, Dinkes: Belum Vaksin

Kepala Bidang Cipta Karya, Dinas Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat Kawasan Permukiman Gunungkidul, Agus Subaryanto mengungkapkan, tahun 2022 ini rencana pembangunan ulang gedung dewan akan segera dilakukan. Kebutuhan anggaran untuk pembangunan gedung DPRD Gunungkidul sendiri mencapai 43,6 miliar rupiah dengan detail anggaran adalah untuk pembangunan gedung DPRD sebesar 42 miliar dan untuk pengawas sebesar 1,6 miliar rupiah. Proses pembangunan sendiri akan dilaksanakan dalam 2 tahap, pada tahun 2022 dan tahun 2023.

“Pembangunan gedung ini multiyears, untuk tahun ini anggaran yang dialokasikan 12 miliar rupiah dan pengawas sebesar 240 juta,” papar Agus Subaryanto, Rabu (05/01/2022).

Ia menjelaskan, anggaran tersebut bersumber dari APBD Gunungkidul tahun 2022. Untuk proses lelang direncanakan akan dimulai pada bulan April mendatang dengan ketentuan yang berlaku. Adapun dalam planning pembangunan gedung tersebut, rencananya seluruh gedung yang sekarang sudah berdiri akan dibongkar dan diratakan.

Berita Lainnya  Hajatan Sederhana Boleh Digelar, Pemerintah Tegaskan Protokol Kesehatan Wajib Diterapkan

“Setelah dibongkar baru akan dibangun ulang sesuai dengan desain yang ada,” jelas dia.

Bangunan gedung dewan yang baru rencananya akan dibangun 4 lantai dengan berbagai macam fasilitas. Kemudian juga akan dibuat senyaman dan disesuaikan dengan kebutuhan para anggota dewan. Selama proses pembangunan berlangsung, nantinya semua barang serta kegiatan anggota dewan akan dilaksanakan di gedung eks BPBD di kawasan Bangsal Sewokoprojo.

“Nanti semuanya pindah ke sana dulu, karena gedung eks BPBD ini kan kosong. Anggota BPBD mulai minggu ini sudah pindahan ke gedung baru di Siraman,” tutupnya.

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler