fbpx
Connect with us

Peristiwa

Gempa Pacitan Guncang Gunungkidul, Warga Berhamburan Keluar Rumah

Diterbitkan

pada

BDG

Wonosari,(pidjar.com)– Gempa bumi berkekuatan 6.0 Skala Richter yang mengguncang Gunungkidul pada Kamis (08/06/2023) dini hari sempat membuat masyarakat panik. Tak sedikit dari warga yang kemudian berhamburan keluar saat gempa bumi, selain itu kentongan juga banyak dibunyikan oleh warga.

Informasi yang berhasil dihimpun dari akun resmi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebutkan, gempa dengan durasi yang lama dan lumayan kencang tersebut terjadi di titik 9.15 LS, 110.68 BT tepatnya117 km Barat Daya Pacitan Jawa Timut dengan kedalaman 10 km dan tidak berpotensi tsunami.

“Info Gempa Mag:6.0, 08-Jun-23 00:04:55 WIB,”tulis di BMKG diakun twitter mereka.

Salah seorang warga Kapanewon Wonosari, Maman mengatakan, goncangan gempa cukup kuat dirasakan dan tergolong lama. Dirinya yang berada di dalam rumah kemudian keluar. Beberapa tetangganya yang merasakan gempa pun juga keluar rumah. Meski berada di tengah kota, sebagai tanda adanya kejadian warga di daerah tersebut juga membunyikan kentongan.

“Gempanya cukup kencang dadi sempet lari keluar,” papar dia.

Berita Lainnya  Ratusan Wisatawan Tertangkap Tak Kenakan Masker

Hal yang sama juga dikatakan oleh Tria, salah seorang warga Semanu. Saat itu dirinya masih menonton TV dan hendak tidur, tiba-tiba tempat tidurnya terasa gerak atap dan jendelanya pun terdengar suara tak biasanya.

“Lumayan terasa lama banget tadi. Atap sama jendela rumah sampai bunyi gredhek-gredhek,” paparnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Logistik dan Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Gunungkidul, Sumadi mengatakan gempa yang terjadi memang cukup kuat. Pihaknya kemudian berkoordinasi dengan TRC untuk memastikan ada tidaknya dampak dari gempa bumi yang terjadi pada tengah malam ini.

“TRC siap menerima laporan dan akan menindaklanjuti sekiranya perlu segera ditangani,” ujar Sumadi.

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler