fbpx
Connect with us

Pemerintahan

Gunungkidul Dapat Tambahan Belasan Ton Pupuk Bersubsidi

Diterbitkan

pada

BDG

Wonosari,(pidjar.com)– Kabupaten Gunungkidul mendapatkan tambahan alokasi pupuk belasan ribu ton pupuk, baik urea maupun NPK ton dari pemerintah pusat. Diharapkan dengan adanya penambahan ini mampu mencukupi kebutuhan para petani di Gunungkidul, sehingga sektor pertanian akan lebih subur dan maju kembali.

“Kementrian Pertanian meningkatkan alokasi pupuk bersubsidi tahun 2024 sebanyak 115% di seluruh Indonesia. Khusus di Kabupaten Gunungkidul, penambahan pupuk urea sebanyak 8.789 ton sehingga jumlahnya meningkat dari 12.390 ton menjadi 21.179 ton,” kata Direktur Pupuk dan Pestisida Kementrian Pertanian Tommy Nugraha.

Ia menjelaskan, selain penambahan pupuk urea pemerintah pusat juga memberikan tambahan <span;>Pupuk NPK bertambah 9.181 ton sehingga meningkat dari 8.070 ton menjadi 17.251 ton.

Berita Lainnya  Gunungkidul Mulai Dapatkan Ribuan Dosis Vaksin Moderna Untuk Masyarakat Umum

Senior Manager PT. Pupuk Indonesia wilayah Jateng DIY, Antonius Yudhi Kristyanto mengatakan, stok pupuk bersubsidi di Gudang Gunungkidul cukup untuk memenuhi kebutuhan saat ini, yaitu sekitar 1.500 ton urea dan 1.700 ton NPK. Selain membahas mengenai gmtambahan alokasi pupuk, dalam kesempatan tersebut juga dilakukan diskusi tentang permasalahan kendala penyaluran pupuk bersubsidi beserta upaya pemecahannya.

“Beberapa kendala yang dihadapi dalam penyerapan pupuk bersubsidi adalah curah hujan di bawah normal dan pada umumnya penebusan akan meningkat pada saat musim hujan di bulan Oktober-Desember,” kata Senior Manager PT. Pupuk Indonesia wilayah Jateng DIY Antonius Yudhi Kristyanto.

Sementara itu, Bupati Gunungkidul, Sunaryanta mengatakan, adanya penambahan alokasi pupuk ini nantinya akan segera disosialisasikan ke para petani di Gunungkidul. Dengan harapan nantinya setelah memasuki musim tanam dapat segera dimanfaatkan dengan baik untuk sektor pertanian.

Berita Lainnya  Anggap Wajar Kenaikan Harga, Dinas Pastikan Stok Komoditas Pangan Aman Selama Perayaan Nataru

“Sosialisasikan akan dimaksimalkan penyerapannya sehingga program peningkatan produksi tanaman pangan dapat meningkat sesuai yang diharapkan,” ucap Bupati Gunungkidul.

“Kami ucapkan terima kasih atas bantuan yang diberikan, Gunungkidul merupakan daerah yang sektor pertaniannya paling besar,” tutupnya.

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler