fbpx
Connect with us

Pemerintahan

Promosikan Produk UMKM Lokal, Dinas Perdagangan Kembali Gelar Gunungkidul Expo 2024

Diterbitkan

pada

BDG

Wonosari,(pidjar.com)–Pemerintah Kabupaten Gunungkidul melalui Dinas Perdagangan kembali menggelar Gunungkidul Expo 2024. Kegiatan ini dimaksudkan untuk mempromosikan produk-produk unggulan UMKM di Kabupaten Gunungkidul. Adapun pameran UMKM ini diselenggarakan pada 22 Mei sampai dengan 25 Mei 2024 mendatang.

Kepala Dinas Perdagangan Gunungkidul, Kelik Yuniantoro mengatakan, dalam penyelenggaran pameran, pemerintah bekerjasama dengan berbagai pihak serta pelaku UMKM daerah. Hal ini dimaksudkan untuk mengangkat potensi produk lokal ke masyarakat secara lebih luas dan sebagai pengungkit untuk bergulirnya roda perekonomian UMKM Gunungkidul.

“Kegiatan ini sebagai promosi produk-produk lokal yang sebenarnya beragam dan memiliki kualitas yang tidak kalah saing,” kata Kelik Yuniantoro.

Adapun pada Gunungkidul Expo 2024 ini menggandeng 100 pelaku UMKM untuk memamerkan produk mereka di Alun-alun Wonosari. Sedangkan di luar area ada sekitar 75 pedagang makanan yang turut memanfaatkan momentum tersebut. Selain itu, pihaknya juga menyediakan stand khusus bagi pelaku usaha yang ingin mengurus perizinan.

“Kami juga melayani bagi yang ingin mengurus izin. Tentunya layanan yang optimal bagi masyarakat khususnya pelaku usaha,”sambung dia.

Menurutnya, saat ini ada 43.000 UMKM di Kabupaten Gunungkidul yang telah memiliki perizinan. Pihaknya pun juga terus melakukan pendataan bagi yang belum berizin agar segera mendapatkan perizinan yang sesuai.

Berita Lainnya  Gunungkidul Dapat Predikat WTP 5 Tahun Berturut-turut

Bupati Gunungkidul, Sunaryanta mengatakan, dengan adanya Gunungkidul Expo 2024 ini dapat memberikan ruang bagi para pelaku UMKM untuk lebih dikenal. Dengan demikian dapat meningkatkan eksistensi dan pendapatan para pelaku UMKM. Termasuk harapannya produk-produk dari Gunungkidul semakin banyak yang tembus pasar internasional.

“Tentunya kami sangat mendukung peningkatan agar dapat merambah ke pangsa pasar luar daerah atau bahkan internasional. Tapi hal itu tidaklah mudah, kualitas produk, bagaimana pengemasan, hingga promosi juga harus diperhatikan betul,” tutup Sunaryanta.

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler